Breaking News

Peringatan Dini Hujan Lebat di Wilayah Aceh Berpotensi Banjir

Peringatan Dini Hujan Lebat di Wilayah Aceh Berpotensi BanjirBMKG Blang Bintang

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com
BMKG Koordinator Provinsi Aceh mengeluarkan Peringatan Dini Prakiraan Cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga hujan lebat ( *pada katagori 4* ) dan berdampak banjir dalam sekala menengah diwilayah bantaran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dalam sekala menengah.

Koordinator Data dan Informasi
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar muda Banda Aceh Zakaria Ahmad mengatakan, keadaan ini bila dilihat dari dinamika atmosfir pemicunya antara lain, terbentuknya konvergansi, belokan angin di Provinsi Aceh, adanya anomali suhu muka laut antara +1.0 s/ d +3.0°C, di Selat Malaka dan di Samudra Hindia Barat Sumatera, Laut Andaman, Keadaan ini dapat meningkatkan penguapan air laut dan dapat memicu cuaca buruk di Provinsi Aceh.

Peringatan Dini Prakiraan Cuaca ini berlaku untuk hari ini tgl 17 April 2021 mulai jam 07.00 wib s/d  tgl, 18 April 2021 jam 07.00 wib, yang meliputi Kabupaten/kota sbb:
Kabupaten/ Kota yang berdampak:

1.    Subulussam, meliputi kecamatan: Sultan Daulat, Simpang Kiri.

2. Aceh Tenggara, meliputi kecamatan: Lauser, Babul Rahmah, Babul Makmur, Lawe Sigala-gala, Semadam, Lawe Alas, Tatanoh Alas, Bukit Tusam, Darul Hasanah, Babussalam, Bambel, Lawe Sumur, Lawe Bulan, Deleng Pokhkichen, Badar, Ketambe.

3. Aceh Selatan, meliputi kecamatan:
Trumon Timur, Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat Labuhan Haji Timur, Meukek, Kluet Tengah, Kluet Timur, Sawang, Sama Dua, Pasi Raja, Tapak Tuan.

4. Aceh  Tamiang, meliputi kecamatan:
Tenggalun, Tamiang Hulu, Bandar Pusaka.

5.    Aceh Timur, meliputi kecamatan:
Serba Jadi, Simpang Jernih

6. Gayo Luwes, meliputi kecamatan:
Pining, Terangun, Tripe Jaya, Balang Jeurango, Kuta Panjang, Blang Pegayon, Putri Betung, Blang Kejeren, Dabun Gelang, Pantan Cuaca, Rikit Gaib.

7.  Aceh Tengah, meliputi kecamatan: Linge

8. Aceh barat Daya, meliputi kecamatan:
Jeumpa, Blang Pidie, Setia, Lembah Sabil, Tangan-Tangan.

Untuk kabupaten/ kota yang lain di propinsi Aceh juga masih berpotendi terjadi hujan ringan hingga sedang dan tidak merata.

"Demikian kami keluarkan peringatan dini cuaca yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi katagori 4. 
Pada katagori ini pesawat bisa ditunda atau dibatalkan sementara penerbangannya.
Begitu juga untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi." terang Zakaria. 

Terutama untuk selalu waspada terhadap potensi yang dapat berdampak banjir untuk daerah aliran sungai, banjir genangan untuk daerah hamparan datar yang luas seperti persawahan yang dapat merendam tanaman petani, bisa banjir genangan diperkotaan, banjir luapan diwilayah hilir dan bahkan bisa terjadi banjir bandang serta perlu lebih waspada terhadap potensi tanah longsor untuk wilayah pegunungan atau wilayah lereng. Demikian juga bahaya angin kencang, sambaran petir tidak boleh dikesampingkan pada cuaca seperti ini.

Khusus intensitas hujan untuk katagori 4 diperkirakan masih berlangsung mulai Tgl, 17 April jam 07. wib hingga jam 7.00 wib tgl, 18 April 2021.

Untuk tinggi gelombang juga perlu diwaspadai terutama tinggi gelombang diatas 2 m.

Rubrik:News
Iklan idul fitri gub