Breaking News

Percepat Program Vaksin, Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Sosialisasi di SMA Negeri 1 Kluet Utara

Percepat Program Vaksin, Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Sosialisasi di SMA Negeri 1 Kluet Utara(Safdar/ACEHPORTAL.com)
Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kluet Utara saat memberikan sosialisasi vaksinasi Covid-19 di SMA Negeri 1 Kluet Utara, Selasa, (7/9/2021).

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - SMA Negeri 1 Kluet Utara Aceh Selatan bekerjasama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kluet Utara yang terdiri dari pihak muspika dan tenaga kesehatan melaksanakan sosialisasi program vaksinasi Covid-19 terhadap siswa mulai usia 12 hingga 17 tahun di SMA Negeri 1 Kluet Utara, Gampong Kota Fajar, Selasa (7/9/2021).

Materi pentingnya vaksinasi terhadap siswa 12 hingga 17 tahun ini disampaikan oleh Camat Kluet Utara, Misbah, Kapolsek Kluet Utara, Iptu Jamaluddin Hasibuan, Danramil 06 Kluet Utara, Kapten Inf Amri Umari, Kepala UPTD Puskesmas Kluet Utara Hafsah dan dr Karmila.

Menariknya, dalam sosialisasi yang disampaikan kepada sejumlah wali siswa dengan menerapkan protokol kesehatan ini, para wali siswa diberikan waktu tanya jawab tentang vaksinasi dan Covid-19.

Pertanyaan-pertanyaan wali siswa ini kemudian dijawab oleh para pemateri sehingga dapat dipahami dan mengambil kesimpulan untuk bersedia mengijinkan para siswa untuk divaksin.

Salah seorang wali siswa, Hartini mengatakan, dirinya sangat puas atas sosialisasi tersebut. Ia mengaku dirinya sendiri telah mengikuti program vaksinasi tersebut sejak awal diberlakukan.

Kecemasan dan kekhawatiran akibat banyak informasi hoaks tentang vaksinasi dapat terjawab dengan adanya vaksinasi tersebut.

"Saya sendiri sudah divaksin, saya sangat bersyukur dengan adanya sosialisasi ini, kerena menjelaskan kepada masyarakat itu sangat sulit, dengan adanya sosialisasi vaksinasi ini semoga ada yang termotivasi atau sadar dan pengetahuan tentang Covid," ucapnya.

Ia mengatakan, jika seseorang terpapar Covid-19 itu sangat susah untuk sembuh, namun jika telah divaksin maka seseorang akan sedikit mengurangi dan akan mendapatkan kekebalan.

Oleh sebab itu, ia mengajak agar masyarakat mau divaksin sebagai ikhtiar kepada Allah dan jangan percaya dengan hoaks.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Kluet Utara, Bahrul Ahmad mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan susuai arahan cabang Dinas Pendidikan Aceh Selatan.

Dimana, pihaknya terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kluet Utara dalam mensosialisasikan pentingnya vaksinasi terhadap siswa tingkat SMA guna memperlancar proses pembelajaran tatap muka.

"Respon dari penjelasan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kluet Utara tadi mendapat apresiasi dari wali siswa, barangkali pemahaman wali siswa selama ini yang belum paham tentang vaksinasi namun dengan penjelasan tadi sudah mendapatkan gambaran bagaimana pentingnya pelaksanaan vaksinasi," ucapnya.

Bahrul mengatakan, dari sosialisasi itu didapatkan kesepakatan dimana orang tua siswa dan siswa akan melaksanakan vaksin di puskesmas.

"Kemudian dari pihak sekolah juga nanti akan memberi surat bersedia divaksin kepada orang tua siswa, surat itulah yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi sekolah ke depan," jelasnya.

Menurutnya, vaksinasi terhadap siswa sangat penting sekali dalam menunjang pembelajaran tatap muka di sekolah. Sebab, sebagaimana diketahui Aceh Selatan sudah beberapa kali memasuki zona merah.

"Jadi vaksin ini penting kita lakukan demi menjaga kesehatan anak (siswa), memutus rantai penyebaran Covid-19, mudah-mudahan vaksin ini menjadi modal kita dalam membangun pendidikan Aceh ke depan," tutupnya.

Editor:
Rubrik:Kesehatan