Breaking News

Penetapan Anggota Baitul Mal Gayo Lues Dinilai Cacat Hukum, Silahkan Ajukan Gugatan

Penetapan Anggota Baitul Mal Gayo Lues Dinilai Cacat Hukum, Silahkan Ajukan Gugatan
(Jasvira Sautisa/ACEHPORTAL.com)

BLANGKEJEREN, ACEHPORTAL.com - Pelantikan Anggota Baitul Mal Kabupaten Gayo Lues periode 2021 - 2026 dinilai cacat hukum karena melangkahi prosedur yang ada, sebab tidak sesuai dengan amanah Qanun Nomor 10 Tahun 2018.

“Perekrutan ini telah mengangkangi pasal 9 dan pasal 49-54 Qanun Aceh Nomor 10 tahun 2018 tentang Baitul Mal,” kata M El Amin, Ketua Komisi D DPRK Gayo Lues, Sabtu (8/5/2021) kepada ACEHPORTAL.com.

El Amin didampingi keempat anggotanya mengaku sangat kecewa dengan keputusan itu tanpa melibatkan Komisi D dalam perekrutan Anggota Baitul Mal. Padahal, kata dia, proses perekrutan anggota Baitul Mal seharusnya melalui Fit and Proper Test.

"Sebelum melaksanakan Fit and Proper Test, seharusnya membentuk dewan pengawas sebagai unsur Tim Independen dalam perekrutan calon Anggota Baitul Mal. tahapan ini yang tidak mereka laksanakan, bagi saya ini jelas cacat hukum,” jelas El Amin.

Padahal, sebelumnya Komisi D telah melayangkan surat kepada Bupati Gayo Lues agar membentuk dewan pengawas, namun sepertinya tidak diindahkan. 

Pengakuan El Amin yang seharusnya secara teknis dalam perekrutan anggota Baitul Mal ini mutlak melibatkan Komisi D, nyatanya Ketua DPRK dan wakil DPRK terlalu gegabah mengusulkan nama-nama calon anggota Baitul Mal kepada Bupati tanpa melalui proses yang sebenarnya, sehingga memunculkan diskriminasi terhadap perekrutan calon anggota Baitul Mal lainnya.

Dari pihak Komisi D dalam proses perekrutan ini, sebut El Amin, hanya dilibatkan sebatas menggelar rapat pembentukan Dewan Pengawas sebagai unsur tim independen.

"Namun dewan pengawas tak kunjung terbentuk, tiba tiba anggota Baitul Mal sudah dilantik jumat kemarin," kesal El Amin, sembari mengaku sangat terkejut dengan keputusan yang pincang ini.

Demi mencari keadilan dan keterbukaan, Komisi D mempersilahkan kepada calon anggota baitul mal yang gugur atau cadangan agar dapat melayangkan gugatannya ke PTUN.

"Kami siap sebagai saksi di pengadilan PTUN bahwa perekrutan ini tidak sesuai amanah Qanun,” tandas El Amin, didampingi keempat anggotanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, adapun nama nama anggota Baitul Mal yang dilantik Bupati Gayo Lues, Muhammad Amru periode 2021-2026 di Aula Lembaga Keistimewaan Aceh, Blangkejeren, Jumat (7/5/2021) kemarin yakni, M Kasim Ariga, Al-Misriadi, Jamri, Kamsah dan Burhanuddin. 

Editor:
Rubrik:Daerah, Umum