Breaking News

Pemkab Aceh Singkil Gelar Rapat untuk Persiapan Bazar Tangguh UMKM

Pemkab Aceh Singkil Gelar Rapat untuk Persiapan Bazar Tangguh UMKM

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil menggelar rapat persiapan menyambut Bazar Tangguh dari UMKM. Rapat tersebut berlangsung di Opproom Kantor Bupati Aceh Singkil Gampong Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, Rabu (24/3/2021).

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Singkil, Azmi. Turut hadir Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Al-Hidayat, Asisten I, Asisten II, Asisten III, puluhan Kepala SKPK dan para undangan lainnya.

Bazar Tangguh ini akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2021 mendatang di Gampong Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil, tepatnya di Bandara Syhek Hamzah Fansury.

Saat dikonfirmasi, Sekda Aceh Singkil, Azmi mengatakan bahwa hal tersebut perlu disampaikan ke masyarakat.

"Alhamdulillah kami perlu menyampaikan kepada masyarakat kita bahwa Bazar Tangguh ini merupakan gagasan dari bapak-bapak forkopimda kita juga," ungkapnya.

Azmi menyampaikan, acara tersebut juga diselenggarakan dalam rangka menyahuti program nasional tentang PCPN pemberdayaan ekonomi nasional masyarakat.

"Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan menyambut bulan suci Ramadan, juga kegiatan menyambut hari ulang tahun Aceh Singkil. Sehingga, kita harapkan dengan kegiatan ini akan menimbulkan multiplier effect terhadap giat ekonomi masyarakat kita yang di bawah, dimana saat sekarang ini masyarakat pedagang-pedagang kecil kita itu menghadapi kesulitan," papar dia.

"Kita harapkan sebagai ikon, sebagai contoh, kita di satu sisi dihadapkan dengan Covid-19, tapi di sisi lain ekonomi harus bergerak. Jadi kita patuhi protokol kesehatan, kita giatkan ekonomi masyarakat bawah, sehingga manfaat kegiatan yang kita buat ini, benar-benar dirasakan oleh masyarakat kita," harap Azmi.

Dirinya pun yakin dengan kegiatan yang direncanakan tersebut apabila nanti bisa dilaksanakan akan membawa dampak yang positif kepada masyarakat di daerah itu.

"Disitu juga kita akan rangkaikan kegiatan-kegiatan berupa misalnya nanti ada kegiatan anak-anak kita, remaja-remaja kita, baik itu Lomba Tahfiz Quran, Lomba Ngaji, Lomba Pidato, Ceramah Agama, kita isi semua nanti kegiatan-kegiatan itu," terangnya.

Dengan begitu, waktu luang para remaja dan anak-anak dapat dimanfaatkan dengan cara yang positif dan bukan dengan cara negatif.

"Tidak mereka melakukan kumpul-kumpul yang bersifat negatif, tidak narkoba yang berdampak luar biasa dengan pengaruh narkoba ini tentu untuk merusak generasi kita. Jadi ini gunanya kita laksanakan Bazar Tangguh ini mudah-mudahan semuanya akan berjalan lancar dan didukung oleh seluruh komponen masyarakat. Insyaallah, dengan niat yang tulus kami yakin ini akan sukses," tutupnya.

*Kata Anggota DPRK Aceh Singkil

Sementara itu, salah seorang Anggota DPRK Aceh Singkil, Al Hidayat juga menghadiri rapat persiapan bazar tersebut. Ia mengungkapkan, rapat yang dilakukan tadi adalah sebagian pembagian tugas.

"Dari rekan-rekan sekalian kawan-kawan kita yang di dinas untuk membantu pelaksanaan pemulihan ekonomi nasional yang sesuai dengan PP Nomor 23 Tahun 2020 tentang pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional," ungkapnya.

Al-Hidayat juga mengatakan, hari ini mereka coba membuat tim besar yaitu beberapa dinas yang dikaitkan guna mensukseskan acara Bazar Tangguh.

"Mudah-mudahan ini merupakan suatu upaya kita bahwa kita ingin memulihkan kembali ekonomi masyarakat pada situasi Covid-19," katanya.

Saat disinggung kapan acara tersebut mulai dilaksanakan, Al-Hidayat menyebutkan, Bazar Tangguh akan dilakukan pada 30 Maret 2021 mendatang.

"Dengan berjalannya bazar ini, sehingga kita bisa menggiatkan kembali ekonomi-ekonomi masyarakat kecil UMKM-UMKM dan juga bisa menarik minat masyarakat untuk mempromosikan hasil-hasil UMKM masyarakat di kabupaten," harapnya.

Lanjut dia, kegiatan ini juga bukan hanya sekedar bazar, namun bagaimana cara memprioritaskan serta untuk meningkatkan kemampuan ekonomi-ekonomi masyarakat.

"Apalagi kedepan rencana yang saya sudah dengar itu bahwa salah satu adalah program yang ingin kita laksanakan di tahun 2022 yaitu meningkatkan daya saing," tutupnya.

Rubrik:Daerah, Ekonomi, Umum
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI