Breaking News

Aceh Selatan dan Aceh Singkil Masuk Tiga Besar

Pemenang 18 Kategori API 2021 Diumumkan di Musi Banyuasin

Pemenang 18 Kategori API 2021 Diumumkan di Musi Banyuasin(Dok. IG @apiaward)
Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 akan dilaksanakan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada 30 November 2021 mendatang dengan mengumumkan pemenang 18 kategori pariwisata terbaik.

Pihak penyelenggara dari Ayo Jalan-Jalan, Anugerah Pesona Indonesia, Wonderful Indonesia akan mengumumkan pemenang berdasarkan hasil perolehan suara (vote) per kategori dari seluruh channel vote (SMS, YouTube, Instagram).

Sebanyak 18 kategori pariwisata terbaik pada API Award 2021 meliputi Kategori Makanan Tradisional, Minuman Tradisional, Promosi Pariwisata Digital, Brand Pariwisata, Destinasi Belanja, Cindera Mata, Olahraga dan Petualangan dan Kategori Wisata Air.

Kemudian, Kategori Ekowisata, Dataran Tinggi, Kampung Adat, Situs Bersejarah, Atraksi Budaya, Festival Pariwisata, Destinasi Kreatif, Destinasi Unik, Destinasi Baru dan Surga Tersembunyi diikuti masing-masing dalam satu kategori 10 nominasi.

Sementara, hasil perolehan poin tertinggi (berdasarkan klasmen perolehan suara sampai dengan 30 September 2021) melalui press release dan grafik perolehan suara, lima provinsi yang menjadi kandidat juara umum pada API 2021 yaitu Aceh 22 poin, Nusa Tenggara Timur 14 poin, Riau 14 poin, Sumatera Selatan 14 poin dan Sumatera Barat 8 poin.

Menjelang pengumuman, panitia sudah menyebarkan undangan ke seluruh daerah di Indonesia kepada kandidat yang masuk tiga besar pada kategori API untuk bisa hadir di malam puncak API 2021.

Pengumuman juara dan penyerahan penghargaan API 2021 bertempat di Stable Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang ditandatangani oleh Ketua Panitia, Hiro Kristianto Sianturi.

Undangan juga telah sampai ke Aceh, sementara dari Aceh kandidat masuk tiga besar berdasarkan pemungutan suara 30 September 2021 diantaranya Aceh Selatan dan Aceh Singkil.

Kedua kabupaten di Aceh itu telah menerima undangan untuk hadir di acara malam puncak Anugerah Pesona Indonesia 2021, sebab telah memperoleh suara tinggi dan masing-masing daerah itu mengikuti dua kategori.

Aceh Selatan ikut sebagai kandidat di Kategori Daratan Tinggi. Berdasarkan hasil perolehan suara 30 September 2021 yang masuk tiga besar untuk hasil tiga daerah yaitu Siganteng Sira, Aceh Selatan 47%, Sepadang Hill, Bengkayang 26% dan Bukit Besak, Lahat 25%

Aceh Selatan juga ikut sebagai kandidat di Kategori Destinasi Kreatif, dimana yang masuk tiga besar dengan hasil masing-masing tiga daerah yaitu Asia Farm, Pekanbaru 39%, Anjungan Tapak Tuan Tapa, Aceh Selatan 29%, dan Jembatan Lingkar Lapoili, Buton Selatan 12%.

Kemudian, Aceh Singkil ikut sebagai kandidat di Kategori Cindera Mata dan masuk tiga besar, dimana ang masuk tiga besar itu adalah nominasi Gambo Muba, Musi Banyuasin 28%, Kasab Sulam Emas, Aceh Singkil 26% dan Udeng Pacul Goang, Sidoarjo 15%.

Aceh Singkil juga ikut pada Kategori Festival Pariwisata. Berdasarkan hasil perolehan suara 30 September 2021 masuk tiga besar dan nominasi daerah tiga besar itu adalah Festival Pulau Banyak, Aceh Singkil 67%, Festival Gendang Melayu, Lumbuk Linggau 12% dan Cianjur Festival, Cianjur 6%.

Bupati Aceh Selatan, Tengku Amran saat dikonfirmasi, Minggu (21/11/2021), mengatakan bahwa undangan dari panitia telah diterima.

"Insya Allah kita nanti akan berangkat untuk menghadiri undangan di Musi Banyuasin dan itupun kita lihat dulu nanti jadwal, sebab saya masih di luar daerah, kalau tidak ada nanti acara sipatnya mendesak kita hadir," kata Amran.

Sementara, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid juga mengatakan bahwa undangan dari panitia juga telah diterima pihaknya.

"Syukur Alhamdulillah kita dari Aceh Singkil mendapatkan undangan, Insya Allah kita berangkat kalau tidak ada hal melintang ke Musi Banyuasin untuk menghadiri undangan Panitia," kata Dulmusrid.

Dulmusrid juga menyampaikan, dengan adanya masuk tiga besar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh Singkil.

"Atas doa, dukungan serta dedikasi dan kerja keras sehingga membuahkan hasil, mudah-mudahan mendapatkan juara satu atas perjuangan seluruh pihak dalam kegiatan yang diikuti oleh Aceh Singkil," pungkasnya.

Berikut data perolehan yang diterima ACEHPORTAL.com: