Breaking News

Pelaku UMKM di Abdya Didorong Daftarkan Hak Paten Produk Kerajinan Usaha

Pelaku UMKM di Abdya Didorong Daftarkan Hak Paten Produk Kerajinan Usaha

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Central Creative Industries of Aceh Barat Daya (CCIA) mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu untuk mengurus hak cipta produk kerajinan usaha ke Kemenkumham.

"Kita berharap agar semua pelaku UMKM yang ada di Abdya untuk bisa mendaftarkan produk usahanya ke Kemenkumham Aceh," kata Ketua CCIA Abdya, Yudya Pratidina kepada wartawan, Jumat (19/3/2021).

Karena, tambah Yudha, hal tersebut merupakan komitmen dan tindak lanjut Pemerintah Abdya dengan Kemenkuham Aceh beberapa bulan lalu.

“Masyarakat Abdya mampu menciptakan aneka produk kuliner, kerajinan tangan, hingga aplikasi IT multimedia, dan bahkan diantara kreatifitas itu ada yang sudah diekspor ke luar negeri," ujarnya.

Menurut Yudya, aneka ragam kreativitas usaha tercipta karena masyarakat Abdya memiliki rasa ingin tahu yang besar, sehingga mampu melahirkan beragam produk inovasi unggulan.

“Pemerintah telah menciptakan aplikasi e-commerce Tokopika. Selain itu, banyak anak muda Abdya yang menciptakan beragam aplikasi multimedia yang sangat memudahkan pelaku UMKM kita,” katanya.

Hal ini menurutnya, pertanda masyarakat Abdya sangat kreatif. Kedepan, dia yakin daerah yang terletak di wilayah Barat-Selatan Aceh ini akan menjadi kota kreatif percontohan di Aceh, dengan beragam produk unggulan.

Akan tetapi, sambung Yudha beragam kreativitas tersebut belum dipatenkan oleh pihak berwenang sehingga dikhawatirkan sangat rentan terjadinya plagiarisme.

”Guna kelangsungan usaha kedepan, saya mendorong masyarakat Abdya untuk mendaftarkan hasil kreasi produk usahanya ke Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual,” katanya.

Ia menyebutkan, beragam produk usaha itu bisa diproteksi dari plagiarisme atau pembajakan, yaitu dengan cara mendaftarkan hasil kreasi melalui website dgip.go.id.

Di samping itu, kata Yudha pihaknya juga membuka layanan bagi masyarakat Abdya yang ingin mengetahui cara mematenkan hasil produk usaha, yakni dengan mengunjungi Kantor CCIA di Jl Muslimin No 15 Blangpidie atau melalui e-mail: ccia.abdya@gmail.com.

“Kategori kreasi produk usaha yang dapat didaftarkan diantaranya merk, hak paten, desain industri, hak cipta dan sebagainya,” pungkas Yudya.

Rubrik:Daerah, Ekonomi, Umum
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI