Pastikan Kesiapsiagaan Penanganan Covid-19, Kapolsek dan Muspika Blangpidie Cek Posko PPKM Mikro

Pastikan Kesiapsiagaan Penanganan Covid-19, Kapolsek dan Muspika Blangpidie Cek Posko PPKM Mikro
Kapolsek Blangpidie, Iptu Fitriadi dan jajarannya, Camat Krisnur dan Kapus Enni Marlina foto bersama dengan masyarakat usai mengecek Posko PPKM Mikro di Gampong Lhung Asan, Kecamatan Blangpidie, Abdya, Jum'at (28/5/2021). (Salman/ACEHPORTAL.com)

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Kapolsek Blangpidie Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Iptu Fitriadi SH bersama unsur Muspika setempat melakukan pengecekan Posko PPKM Mikro di Gampong Lhung Asan, Kecamatan Blangpidie, Jum'at (28/5/2021).

Pengecekan Posko PPKM Mikro oleh Kapolsek dan jajarannya itu, didampingi Camat Blangpidie Krisnur SP, serta Kepala Puskesmas, Enni Marlina SKM. 

Turut Hadir Pj Keuchik Abdul Haris, tokoh masyarakat, Pendamping Desa, ibu-ibu dari unsur PKK dan perangkat Gampong Lhung Asan.

Kesempatan itu, Kapolsek Blangpidie Iptu Fitriadi SH memberikan arahan agar masyarakat benar-benar mematuhi protokol kesehatan.

Kapolsek mengatakan pengecekan posko PPKM Mikro ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan dalam pencegahan penanganan penyebaran Covid-19 di dalam gampong.

"Kita sengaja mengajak unsur Muspika termasuk Camat dan Kepala Puskesmas untuk melihat langsung kesiapan posko PPKM Mikro di gampong. Hal ini kita lakukan untuk menekan penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah kecamatan Blangpidie," kata Iptu Fitriadi.

Dia menuturkan keberadaan posko PPKM Mikro di desa itu sangatlah penting. Dengan adanya posko tersebut, maka setiap warga yang datang dari luar daerah harus melalui pemeriksaan tes antigen atau swab tes Covid-19.

Disamping itu, posko PPKM Mikro itu sendiri juga akan mendata jika ada warga yang terpapar virus Covid-19. 

Dengan demikian, tambah Kapolsek keberadaan ruang isolasi mandiri untuk merawat warga yang tertular Covid benar-benar sudah tersedia. Seperti di Gampong Lhung Asan yang telah menyediakan ruang khusus untuk mengantisipasi kejadian tersebut.

"Setiap gampong harus membentuk posko PPKM Mikro ini, cuma di kecamatan Blangpidie yang sudah maksimal baik dari segi perlengkapan dan lainnya adalah Gampong Lhung Asan," ujarnya. 

Kapolsek juga menegaskan, masyarakat jangan menganggap sepele virus Covid-19, sebab banyak warga, tokoh masyarakat dan ulama di Indonesia ikut terpapar akibat virus ini.

Ia berharap, 20 gampong di kecamatan Blangpidie segera memaksimalkan keberadaan posko PPKM Mikro tersebut.

"Bagi gampong yang tidak serius mengikuti aturan pemerintah dengan menyepelekan pembentukan posko PPKM Mikro ini, maka akan kita beri teguran keras," tegas Iptu Fitriadi.

Kendati demikian, kata Kapolsek pihaknya juga akan terus memberikan sosialisasi, edukasi dan pendampingan kepada masyarakat, agar upaya pencegahan Covid-19 di dalam wilayah gampong sesuai yang diharapkan. 

"Melalui Babinkamtibmas kita akan terus beri pendampingan dan menggerakkan posko PPKM Mikro ini betul-betul berjalan dengan baik dan maksimal," pungkasnya.