Pamsimas Aceh Singkil Gelar Pelatihan Program Untuk Desa dan Kecamatan

Pamsimas Aceh Singkil Gelar Pelatihan Program Untuk Desa dan Kecamatan(Dok. Pamsimas Aceh Singkil)
Program Pamsimas District Aceh Singkil mengadakan Pelatihan Penguatan Pemerintah Desa dan Kecamatan selama empat hari mulai tanggal 23 hingga 26 November 2021 di Hotel Island, Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil.

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Program Pamsimas District Aceh Singkil mengadakan Pelatihan Penguatan Pemerintah Desa dan Kecamatan selama empat hari mulai tanggal 23 hingga 26 November 2021 di Hotel Island, Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil.

Peserta pelatihan tersebut terdiri dari unsur pemerintah desa dan kecamatan, desa dampingan Pamsimas yang tersebar di 32 desa di 10 kecamatan se Aceh Singkil.

Turut hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Singkil, Erwin Syahputra dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampong (DPMK), Azwir sebagai pemateri.

Pada kesempatan, Kadis PUPR Aceh Singkil Erwin Syahputra menyampaikan beberapa hal saat pembukaan pelatihan.

"Pemerintah desa mempunyai peran yang penting dalam proses pemberdayaan dan membangun partisipasi masyarakat serta mengawal isu air minum penyehatan lingkungan pada pembangunan desa," katanya.

"Secara lengkap ada peran yang bisa digunakan yaitu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pemberdayaan masyarakat dan pembangunan partisipatif," kata Erwin lagi.

Sementara, saat kegiatan berlangsung terlihat peserta juga ikut menyimak Rakornas Pamsimas bersama Kadis DPMK Aceh Singkil Azwir yang menyampaikan materi kerjasama desa dalam bidang air minum.

Kemudian, Camat Pulau Banyak Barat, Mawardi dalam kesempatan itu mengungkapkan kesan dan pesannya mewakili bpeserta pelatihan.

"Kami berharap program pamsimas lanjut lagi ditahun berikutnya, di kecamatan kami daerah kepulauan baru satu desa terdanai oleh Pamsimas dan masih banyak desa kesulitan air bersih di Aceh Singkil ini, segi geografis wilayah daerah kita cocok spam yang dikelola oleh desa-desa karna daerah kepulauan," kata Mawardi.

Kepala Desa (Keuchik) Pea Jambu, Kecamatan Singkohor sebagai desa dampingan pamsimas TA 2018 yakni Ujang Suparma mengutarakan harapannya agar program pamsimas dilanjutkan kembali

"Karena saat ini desa kami sudah teraliri tiga dusun, kami ingin penambahan satu sumur bor lagi dan bak penampung, kami juga membutuhkan meter air agar memudahkan KPSPAM dalam menjalankan tugasnya," kata Ujang.

District Coordinator Pamsimas Aceh Singkil, Salman Nurdin berharap, pasca berakhirnya Program Pamsimas III, sarana air minum yang sudah terbangun di Aceh Singkil yang tidak berfungsi dan berfungsi sebagian jumlahnya dapat ditekan.

"Dan pihak desa berupaya memperbaikinya agar dapat berfungsi normal kembali dan menjadi perhatian kepala desa," kata Salman. 

"Demikian juga dengan sarana air minum yang berfungsi dengan baik dapat dikembangkan untuk menjangkau jumlah pelayanan yang lebih besar sehingga seluruh masyarakat di desa dapat terlayani untuk mendapatkan air minum yang layak dan aman," pungkasnya.

Editor:
Rubrik:Daerah