Breaking News

Musrenbang Hari Ketiga di Kecamatan Singkil, Wabup: Bantu Galakkan Wisata

Musrenbang Hari Ketiga di Kecamatan Singkil, Wabup: Bantu Galakkan Wisata

Singkil, Acehportal.com - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di wilayah Aceh Singkil hari ketiga bertepatan di Kecamatan Singkil, Aceh Singkil. Kegiatan itu berlangsung di Aula Kantor Camat, setempat, Kamis (25/2/2021).

Musrenbang tersebut dihadiri Wakil Bupati Aceh Singkil, H. Sazali, S.sos, bersama Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Singkil, Muspika Kecamatan Singkil, Imum Mukim dan Seluruh Kepala Desa dan Badan Permusyawatan Gampong (BPG) di wilayah Kecamatan Singkil serta undangan lainnya.

Dalam penyampaiannya, Wakil Bupati Aceh Singkil, H. Sazali, S.sos menyinggung terkait destinasi wisata yang ada di lima kecamatan yakni Kecamatan Singkil, Singkil Utara, Kuala Baru, Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat yang harus ditingkatkan untuk membantu menunjang perekonomian masyarakat.

Hal itu juga disampaikan Wakil Bupati Aceh Singkil, Sazali secara langsung saat diwawancarai Acehportal.com. ia mengatakan bahwa pengembangan wisata menjadi tugas kita bersama, mulai dari masyarakat, pemerintah desa, pemerintah daerah sampai ke pemerintah pusat.

"Tentunya terlebih dahulu bantuan dari masyarakat, apa yang harus dibantu masyarakat yaitu membuat sebuah gerakan bagaimana supaya tempat-tempat berwisata itu terlihat indah, seperti kebersihan, karena kebersihan itu bisa mendorong kemajuan berwisata daerah kita," ungkapnya.

Sazali juga menyampaikan, salah satu kendala yang menyebabkan pengunjung wisata saat ini berkurang adalah karena masalah transportasi.

"Karena dari Medan itu tujuh atau sekitar delapan jam perjalanan untuk pengunjung dari jauh merasa sangat membutuhkan waktu dan kita lihat di daerah lain itu juga yang menjadi persoalan terkait transportasi yang begitu diutamakan. Ini mungkin nanti kalau sudah jadi bandara kapal terbang (pesawat) yang kita usulkan tersebut dan kapal Aceh Hebat 3 sudah berjalan, saya yakin pengunjung pasti akan semakin ramai, karena dimana-mana pun harus ada infrastruktur dan pelayanan publik, mohon semua dukungannya," jelasnya.

"Selain itu kita juga harus berusaha untuk membuat usaha-usaha seperti kuliner, membuat restoran, hotel, itu harus ada. Sebab orang yang pergi berwisata itu kebanyakan orang banyak duit. Ndak juga mungkin mereka mau tidur di masjid, ndak juga mereka mau makan di sembarang tempat. Itu harus kita usahakan ada nanti,asyarakat bersama-sama dengan pemerintah daerah agar dapat untuk mengakomodir ini semua," ungkapya.

Sazali juga menyampaikan harapannya agar yang dibicarakan dalam Musrenbang tersebut meski mungkin tak terlalu banyak, tetapi yang paling utama adalah fokus sesuai dengan potensi.

"Jadi kita berbicara terkhusus di lima kecamatan di Singkil ini dulu, sudah dikenal sejak lama potensinya adalah pariwisata, perdagangan serta perikanan. Jadi fokus di tiga itu saja dulu untuk membuka lapangan pekerjaan yang selalu kita galakkan. Bahkan potensi-potensi yang ada di Aceh Singkil ini sudah kita sampaikan kepada Bapak Menteri, semoga apa yang kita cita-citakan untuk seluruh Aceh Singkil agar tercapai," harapnya.

*Penyampaian Camat Singkil

Saat diwawancarai terpisah, Camat Singkil, Sopyan, SH menyampaikan harapannya terhadap usulan-usulan dari desa ataupun kebutuhan-kebutuhan yang menyangkut tentang pembangunan di desa.

Menurut dia, seminimal mungkin dapat terakomodir di tahun 2022 yang akan datang yang sifatnya sangat-sangat membutuhkan atau menjadi prioritas.

"Mungkin kalau kita berbicara seluruh usulan yang diusulkan dari desa itu, kita mungkin sudah memahami tidak sepenuhnya ter-cover, tapi kita berharap minimal ada pembangunan-pembangunan yang di usulkan oleh desa memang betul-betul bermanfaat untuk daerah yang terakomodir atau betul-betul layak dan prioritasnya berguna bagi desa, itulah yang kita harapkan," ungkap Camat.

Namun, ketika disinggung terkait destinasi wisata di wilayah kerjanya, Sopyan mengatakan, ada beberapa destinasi wisata di Kecamatan Singkil seperti Pantai Pulo Sarok, Kuala Gabi.

Kemudian, lanjut dia, ada juga di Desa Suka Damai meski masih dalam tahap perintisan atau belum tersentuh. Selanjutnya, ada juga destinasi wisata Lae Terkhep.

"Bahkan sesuai dengan maraknya atau ramainya perbincangan menyangkut destinasi wisata saat ini yang lagi viral di wilayah Kecamatan Singkil adalah Lae Terkhep, mungkin akibat pengunjung juga kadang bosan menikmati indahnya pantai, pengunjung banyak membicarakan Lae Terkhep yaitu Marga Satwa Rawa Singkil yang benar-benar rawanya sangat alami dan sangat indah sekali," paparnya.

Sopyan juga menambahkan, terhadap destinasi wisata Lae Terkhep, pihaknya sangat mendukung potensi wisatanya, termasuk desa-desa yang ada di sekitarnya.

"Kebetulan yang langsung berhadapan dengan destinasi wisata Lae Terkhep terdapat dua desa disana yaitu Desa Teluk Rumbia dan Desa Rantau Gedang, bahkan itu sudah kita sampaikan kepada kepala desabya untuk pendukung destinasi wisata yang kita banggakan itu agar semua rumah-rumah penduduk agar dicat dengan warna pernak-pernik," tandasnya.

jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI