Breaking News

Muspika Kluet Selatan Gelar Vaksin di Gampong dan Sekolah

Muspika Kluet Selatan Gelar Vaksin di Gampong dan Sekolah(Safdar/ACEHPORTAL.com)
Muspika Kluet Selatan Gelar Vaksin di Gampong dan Sekolah.

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Muspika bersama petugas kesehatan UPTD Puskesmas Kluet Selatan melaksanakan vaksinasi massal terhadap siswa-siswi usia 12 hingga 17 tahun di MAN 2 Aceh Selatan, SMA Negeri 1 Kluet Selatan, MTSN 2 Aceh Selatan dan Kantor Keuchik Gampong Puloe Ie sejak beberapa hari lalu.

Pantauan ACEHPORTAL.com, pasca dilakukan sosialisasi oleh Muspika Plus Kluet Selatan, antusiasme siswa dan wali murid terlihat sangat tinggi. Ini terlihat dari banyaknya siswa dan warga yang mendaftar untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang diberikan secara gratis oleh pemerintah itu.

Karena keterbatasan vaksinator, para tenaga medis harus mengatur waktu untuk melaksanakan vaksin tersebut. Di MTSN 2 Aceh Selatan, vaksin hari kedua digelar pagi hingga pukul 12.00 WIB. Dari 59 yang mendaftar, sebanyak 58 orang diberikan vaksin diantaranya 5 orang dari guru dan 53 orang dari siswa usia 12 hingga 17 tahun.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi di Gampong Pulo Ie, Kecamatan Kluet Selatan dilaksanakan siang hari, Rabu (8/9/2021). Dari 55 orang yang mendaftar, sebanyak 48 orang divaksin dengan rincian tiga lansia, 41 masyarakat umum dan 4 orang usia 12 hingga 17 tahun. Dari jumlah itu, empat diantaranya penerima vaksin Covid-19 dosis dua.

Atas nama Muspika Kluet Selatan, Camat Kluet Selatan, Muriadi menyampaikan aspresiasi kepada kepala MTSN 2 Aceh Selatan dan dewan guru serta perangkat Gampong Puloe Ie dan masyarakat atas kerjasamanya. Ia menyebutkan, animo serta antusias siswa dan wali murid semakin meningkat.

"Setiap gampong saat ini sudah menjadwalkan proses vaksinasi, semua berjalan lancar, kami juga mengapresiasi nakes dimana jadwalnya satu hari bukan hanya satu tempat tapi sampai dua tempat," ucap Muriadi kepada ACEHPORTAL.com.

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Ardanto Nugroho melalui Kapolsek Kluet Selatan, Iptu Andrianus mengatakan, pelaksanaan vaksin di Gampong Puloe Ie dan MTSN 2 Aceh Selatan merupakan hari yang kedua. Dimana, hari sebelumnya para pendaftar tidak dapat diberikan vaksininasi lantaran keterbatasan waktu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada perangkat seluruhnya yang di bawah komando pak keuchik dan demikian juga kepada masyarakat, pihak sekolah yang antusias melaksanakan vaksinasi," ucapnya. 

Andrianus mengatakan, masyarakat sudah sadar tentang fungsi vaksinasi. Pihaknya terus melakukan sosialisasi dimana pun bersama-sama dengan muspika, perangkat desa untuk menyadarkan dan memberikan edukasi kepada warga masyarakat.

Andrianus juga mengungkapkan terimakasih atas dedikasi para nakes, TNI-Polri dalam mengawal program vaksinasi Covid-19, sehingga semuanya berjalan sukses.

"Kita juga telah melakukan vaksinasi kepada siswa di sekolah-sekolah, kita akan lanjutkan terus sehingga nantinya warga masyarakat 100 persen mendapatkan vaksin yang disediakan pemerintah," lanjutnya.

Sementara itu, tenaga medis UPTD Puskesmas Kluet Selatan, Jufrizal mengatakan, vaksinasi bukan hanya untuk kalangan dewasa, akan tetapi juga sangat penting bagi anak usia 12 hingga 17 tahun.

Hal tersebut agar para siswa dapat melaksanakan proses pembelajaran tatap muka dan tetap terlindungi dari penularan Covid-19.

"Sudah lama sekali anak-anak ini berkeliaran di luar, namun dengan adanya vaksin mudah-mudahan kedepan para siswa dapat belajar tatap muka, pada saat kita edukasi Alhamdulillah orang ini bisa menerima dengan senang hati dan sangat antusias untuk mengikuti vaksin," tuturnya.

Jufrizal juga mengungkapkan sebagai dokter Puskesmas Kluet Selatan, pihaknya mengimbau dan mengajak yang vaksin Covid-19 ini terbukti aman dan halal.

"Jadi kami sebagai nakes dan muspika berharap semoga masyarakat berantusias melaksanakan vaksin, vaksin ini aman dan halal," ajaknya.

Hal senada juga disampaikan salah seorang wali murid, Musliadi yang mengatakan bahwa dirinya berkeinginan dan mengijinkan anaknya divaksin atas kesadarannya sendiri sebagai orang tua siswa.

Karena, lanjut dia, hal itu dapat menunjang agar siswa dapat belajar tatap muka dan demi kekebalan tubuh anaknya dari penyebaran Covid-19.

"Informasi yang kami dapatkan dari puskesmas bahwa vaksin itu baik untuk masyarakat demi kekebalan masyarakat terhadap covid-19," tutupnya.

Selain itu, Keuchik Gampong Puloe Ie, Syafruddin mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di gampongnya tidak cukup waktu sehari sehingga dilakukan penambahan waktu pelaksanaannya.

"Sampai hari ini kira-kira dari jumlah keseluruhan penduduk telah dilakukan vaksinasi lebih kurang 40 sampai 50 persen," jelasnya.

Ia melanjutkan, pelaksanaan vaksinasi di gampongnya mulai mendapatkan sambutan masyarakat setelah dilakukan sosialisasi oleh Muspika Kluet Selatan.

Sehingga, pihaknya menyampaikan terima kasih sekaligus mengapresiasi atas bantuan, arahan dan petunjuk sehingga pelaksanaan vaksinasi di gampongnya berjalan dengan baik.

Editor:
Rubrik:Kesehatan