Breaking News

Mulai Tanggal 18 Mei Nanti, Masuk ke Aceh Harus Bawa Surat Swab Antigen

Mulai Tanggal 18 Mei Nanti, Masuk ke Aceh Harus Bawa Surat Swab Antigen
Petugas memeriksa kendaraan yang melintasi perbatasan Aceh-Sumut. (Ist)

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Aceh yang dikeluarkan pada 14 Mei 2021 kemarin yang menyebutkan bahwa siapapun yang akan melewati empat perbatasan yaitu Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Singkil dan Subulussalam wajib membawa surat Swab Antigen yang ditunjukkan kepada petugas penyekatan di perbatasan.

Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengungkapkan, ketentuan tersebut mulai berlaku pada tanggal 18 Mei mendatang. Dimana, pada tanggal 17 sudah berakhir larangan mudik atau penyekatan.

"Semua kendaraan umum dan kendaraan pribadi boleh memasuki Aceh, asalkan membawa surat bebas COVID-19," ujarnya Sabtu (15/5/2021).

Dicky juga menjelaskan, semua petugas yang menjaga empat perbatasan Aceh dan Sumatera Utara tetap akan bekerja 24 jam untuk mengecek semua kendaraan yang memasuki Aceh.

Ia pun mengimbau kepada pemilik kendaraan umum terutama bus antar kabupaten dan provinsi agar segera menyampaikan kepada para penumpang yang akan berangkat menuju Aceh dengan wajib membawa Surat keterangan bebas Covid 19 Swab Antigen.

"Karena apabila ada penumpang yang tidak membawa surat tersebut maka bus akan diputar balik ke arah Sumut," kata Dir Lantas.

"Kepada masyarakat Aceh atau pendatang yang saat ini masih berada di wilayah Sumut akan kembali ke Aceh dengan kendaraan pribadi agar juga mematuhi surat edaran Gubernur Aceh, kendaraan pribadi tetap akan diputar balik ke Sumut apabila tidak membawa surat Swab Antigen," tambahnya.