Breaking News

Mudahnya Melapor Gangguan Listrik Dengan Aplikasi PLN Mobile

Mudahnya Melapor Gangguan Listrik Dengan Aplikasi PLN Mobile

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Kurang lebih 15 menit rumah Weni (35) mengalami mati lampu. Sebagai seorang pekerja sekaligus ibu rumah tangga, keadaan ini tentu sangat mengganggu,  apalagi semua pekerjaan rumah tangga memerlukan listrik. 

Untung saja, salah satu kerabatnya menginformasikan untuk mendowload Aplikasi PLN Mobile. Langsung Weni melaporkan keluhannya melalui aplikasi tersebut. 

Tidak menunggu lama akhirnya petugas PLN tiba dilokasi dan memeriksa gangguan di rumahnya. Listrik Kembali normal dan Weni bisa melanjutkan Kembali aktifitas rumah tangganya.

Kejadian yang sama mungkin banyak dialami oleh masyarakat. Tidak tahu harus melapor kemana ketika ada gangguan listrik di rumahnya. 

Saat ini pelanggan PLN ingin laporkan gangguan, lapor keluhan, tambah daya dan informasi pemadaman listrik kini semakin muda hanya dengan satu genggaman tangan yakni melalui aplikasi PLN Mobile. 

Manager Komunikasi PLN UIW Aceh, T Bahrul Halid mengatakan dengan aplikasi PLN Mobile, masyarakat dapat melaporkan kepada petugas bila terjadi pemadaman listrik dirumah pelanggan maupun gangguan listrik disekitarnya. 

"Tinggal klik, pelanggan dengan mudah menyampaikan keluhan kepada PLN. Sekarang lapor listrik mati sudah bisa melalui online," kata T Bahrul, Jumat (23/4).

Ia menyebutkan PLN Mobile adalah aplikasi berbasis Android dan IOS yang dikembangkan oleh PLN untuk melayani keluhan pelanggannya mengenai layanan kelistrikan dan bisa didapat secara gratis melalui PlayStore atau AppStore.

Cara melaporkan mati Listrik dengan aplikasi PLN Mobile, lanjut T Bahrul sangat mudah, murah karena cukup dengan modal paket data saja. 

"Jadi kalau listrik padam di rumah pelanggan, cukup buka aplikasi PLN Mobile yang sudah terinstal, kemudian laporkan. Tidak perlu telepon ke nomor 123 yang membutuhkan biaya telepon. Gampang dan tentunya murah," ucapnya. 

Berikut langkah mudah install dan registrasi PLN Mobile; 
1. Instal PLN Mobile melalui Playstore maupun AppStore
2. Lakukan Registrasi Identitas diri dan ID pelanggan PLN. Isi seluruh field yang ada di formulir pendaftaran mulai dari nama, email, no Hp dan password login.
3. Setelah menyelesaikan tahap registrasi, silakan login menggunakan data yang telah diisikan saat registrasi sebelumnya
4. Tambahkan ID pelanggan atau nomor meter, lalu klik ID pelanggan. Jika sudah benar ikutin petunjuk. 
5. Verifikasi, jika ingin mendapatkan layanan penuh seperti cek histori rekening atau pembelian token atau layanan lainnya. Silahkan verifikasi KTP dan selfi di menu profil. 
6. Klik menu pengaduan. Silahkan pilih apa yang ingin diadukan. Jika gangguan padam listrik, silahkan klik gangguan. Jika ada keluhan, silahkan klik Keluhan sesuai dengan katagori yang ingin diadukan. Jika ada rumah kamu yang mati indikasi ada masalah di instalasi rumah, maka klik ListrikQu.
7. Pilih ID pelanggan yang mengalami gangguan. Setelah muncul data ID pelanggan seperti titik koordinat, alamat dan lain-lain. Lengkapi jenis gangguan laku data lokasi serta terakhir adalah deskripsi gangguan. 
8. Lalu klik kirim pengaduan.

Setelah melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile, maka selanjutnya cara memantau pengaduan yang dikirimkan dengan; 
1. Klik menu pengaduan
2. Perhatikan di bawahnya akan ada daftar pengaduan terakhir yang diadukan
3. Klik kode pengaduan yang sebelumnya telah  didapatkan. 
4. Setelah itu akan ada detail pengaduan. 
5. Silahkan cek sampai dimana pengaduannya.

Rubrik:Teknologi
Iklan idul fitri gub