Breaking News

Momentum Nuzulul Quran, Gampong Durian Rampak Susoh Santuni Anak Yatim

Momentum Nuzulul Quran, Gampong Durian Rampak Susoh Santuni Anak Yatim
Sejumlah anak yatim mendapatkan santunan dari masyarakat gampong Durian Rampak, Susoh foto bersama perangkat gampong, pengurus BKM dan panitia yatim di Masjid Baitul Qahhar, Gampong setempat, Kamis (29/4/2021). (Salman/ACEHPORTAL.com)

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Masyarakat Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya) menyantuni anak yatim dan piatu, serta anak fakir miskin di gampong setempat, Kamis (29/4/2021).

Santunan berupa uang tunai diserahkan langsung secara simbolis oleh Keuchik Gam­pong Durian Rampak, Erliyus, kemudian dilanjutkan oleh Tokoh Agama, Tgk Syamsuar, Yulisman, S.Ag dan seterusnya.

Ketua Panitia Yatim Gampong Durian Rampak, Azwir dalam laporannya menjelaskan, santunan diberikan kepada sebanyak 19 orang anak yatim dan 18 orang dari piatu serta anak fakir miskin. Masing-masing mereka menerima santunan dengan jumlah yang variasi. 

"Untuk 16 orang anak yatim santunan yang diberikan sebesar Rp 1.5 juta per orang dan 3 orang lagi Rp 800 ribu per orang," rincinya.

Sedangkan untuk piatu dan anak fakir miskin, tambah Azwir, jumlah santunan yang diberikan masing-masing senilai Rp 500 ribu per orang.

Ia mengatakan, seluruh bantuan itu bersumber dari partisipasi donatur luar dan donasi masyarakat dalam tiga dusun, serta ditambah dari kotak amal yatim.

Adapun jumlah total donasi santunan anak yatim yang terkumpul sebesar Rp 59.099.000. Namun, lanjutnya bantuan santunan itu tidak disalurkan semua, mengingat kondisi jumlah donasi di tahun depan, sehingga saldo saat ini Rp 19.099.000.

Saldo yang tersisa tahun ini, ujar Azwir akan diakumulasikan dengan donasi selanjutnya dan akan disalurkan di tahun depan. "Semoga donatur kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT, amin,"

"Terimakasih kami ucapkan kepada para dermawan yang telah menyisihkan sebagian rezkinya, semoga Allah SWT mencurahkan rahmat-Nya kepada bapak/ibu," ucap Azwir.

Kegiatan santunan terhadap anak yatim tersebut dirangkai dengan peringatan Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan 1442 H, dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Aufa Safrizal, LC.

Sebelumnya, acara diawali dengan buka puasa bersama dengan masyarakat Gampong Durian Rampak yang berlangsung di perkarangan Masjid Baitul Qahhar gampong setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Keuchik, perangkat gampong, Tuha Peut, pengurus BKM Baitul Qahhar, tokoh masyarakat, Pemuda, dan Panitia Yatim, serta masyarakat gampong Durian Rampak.

Editor:
Rubrik:Daerah, Umum
Iklan idul fitri gub
Iklan bub gayo lues