Breaking News

Menteri Menko Marves Panggil Wabup Aceh Singkil Guna Bahas UEA

Menteri Menko Marves Panggil Wabup Aceh Singkil Guna Bahas UEA
Menteri Menko Marves Panggil Wabup Aceh Singkil Guna Bahas UEA

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan memanggil Wakil Bupati Aceh Singkil, Sazali guna membahas Murban Energy Uni Emirate Arab (UEA) yang akan berinvestasi di Kepulauan Banyak, Aceh Singkil, Senin (26/3/2021) lalu.

Hal itu disampaikan, Wabup Aceh Singkil, Sazali kepada ACEHPORTAL.com setelah pulang dari Jakarta, Kamis (31/3/2021).

"Kami kemarin ke Jakarta, juga atas panggilan Deputi Investasi bernama Pak Seto bersama dengan Staf Ahli Gubernur Aceh Pak Iskandar, Kepala Dinas Pariwisata dan staf dari Perizinan. Saya bersama Asisten 1 membicarakan masalah permintaan-permintaan dari Murban Energy, diantaranya adalah masalah tanah, karena itu akan disewa selama 50 tahun," jelas Sazali.

Kemudian, lanjut Wabup, mereka juga membahas masalah lainnya seperti misalnya penyediaan infrastruktur dan lain sebagainya. 

"Pada saat pembicaraan tersebut, maka dicari persyaratan-persyaratan untuk memenuhinya salah satu diantaranya adalah kawasan, apakah kawasan tersebut dalam bentuk KWK atau apa," ungkap Sazali

Sazali juga menyampaikan, pembicaraan tersebut hanya sekedar itu kemudian setelah selesai dilanjutkan nanti.

"Saya bersama mantan Bupati Dairi dan Bupati Phakpak Bharat Sumut yang baru, bersama si Pandi menghadap Pak Menko pada sekitar pukul 16.00 WIB hari Senin itu, terus saya ditanya untuk sampaikan usulan-usulan. Pertama usulan saya bersama Bupati Phakpak Bharat adalah pembangunan jalan dari Singkil menuju Sibagindar menuju Phakpak Bharat dan menuju Humbang Hasundutan atau Bandara Selangit yang lebih kurang 185 kilometer," katanya.

Sazali juga menyampaikan, terkhusus usulan yang diberikan diantaranya mengusulkan pembangunan bandara.

"Masalah bandara langsung ditelepon beliau yaitu Kementerian Perhubungan untuk dibangun dan dijawab oleh Menteri Perhubungan itu segera," katanya.

Seterusnya, Sazali juga mengusulkan masalah pelabuhan, baik itu pelabuhan penumpang maupun pelabuhan CPO.

"Kalau ini disuruh dicariin tanah dan beliau akan membicarakan ini sekaligus masalah jalan tadi dengan Menteri PU," kata dia lagi.

Besoknya di hari Selasa, kata Sazali, beliau berkunjung ke Humbang Hasundutan bersama Menteri PU dan Menteri Pertanian.

"Pada saat itu langsung dibicarakan di Humbang Hasudutan masalah pembangunan jalan dari Sibagindar tadi, bahkan Menteri PU menyanggupi dan dibicarakan lebih lanjut. Waktu itu pembicaraan langsung dibawa pada rapat kabinet khusus kebetulan ada beberapa menteri yang dipimpin oleh Pak Luhut di Istana Negara dan beliau sampaikan lagi bahwa bangunan jalan itu di bangun dan Pulau Banyak ini akan diupayakan terus," ujarnya.

Sambung Sazali, pada saat itu dipertanyakan kepada dia siapa yang berangkat ke Abu Dhabi.

"Saya sampaikan Bupati saja, waktu ditawarkan berangkat, karena saya rasa cukup Bupati saja supaya daerah kita ini jangan tinggal agar tetap kita bisa melayani. Jadi Bupati saja yang mengurus izin ke Menteri Luar Negeri, ke Mendagri bersama Gubernur untuk berangkat. Nggak salah saya mungkin tanggal dua nanti berangkat ke Jakarta dan lanjut ke Unit Arab membicarakan masalah pemenuhan permintaan-permintaan yang diminta oleh urban dan dilanjutkan nanti dengan penandatanganan MoU," jelasnya lagi.

Namun saat disinggung terkait permintaan Murban Energy, Sazali menyampaikan, Itu nanti bisa diminta ke tim, ada sekitar dua belas macam permintaan.

"Dua belas macam, seperti masalah sewa tanah, masalah pajak, masalah bebas visa, masalah tenaga kerja dan masalah keringanan sewa tanah selama sepuluh tahun, setiap sepuluh tahun selama 50 tahun, banyaknya dua belas macam kalau nggak salah saya yang harus dipenuhi Indonesia," ujarnya.

Termasuk, lanjut dia, pembangunan pelabuhan, pembangunan infrastruktur, pembangunan bandara. 

"Ini semua sudah disanggupi Pemerintah Indonesia bahkan ini akan diupayakan. Waktunya ya mungkin mudah-mudahan ke depan yang penting, dengan masuknya murban ini atau jadinya murban ini. Kita minta berdoa bersama-sama, janganlah hura-hura dulu atau asik-asik, tahu-tahu nanti batal kita juga yang malu yang penting mari kita berdoalah, berdoa kepada Allah supaya negeri ini berubah," harapnya.

Sazali juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia termasuk para menteri yang terlibat.

"Kami atas nama Wakil Bupati dan masyarakat Aceh Singkil sangat-sangat mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemerintah, Pak Menko yang telah memperhatikan daerah ini. Ya mudah-mudahan apa yang beliau perhatikan, atau yang diperjuangkan beliau bisa terealisasi, akan membahagiakan masyarakat Aceh Singkil semua," pungkasnya.

Editor:
Rubrik:Daerah
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI