Breaking News

Menikmati Keindahan dan Keseruan di Danau Lut Tawar

Menikmati Keindahan dan Keseruan di Danau Lut Tawar
Pesona Danau Lut Tawar Aceh Tengah

ACEH TENGAH, ACEHPORTAL.COM - Kabupaten Aceh Tengah memiliki banyak tempat wisata alam dengan berbagai pesona serta karateristik berbeda. Salah satunya ialah Danau Lut Tawar yang menyajikan pesona keindahan danau yang dikelilingi hamparan bukit.

Danau yang luasnya mencapai 5.472 Hektare dan memiliki lebar sekitar 3,2 kilometer ini juga menjadi tempat bergantungnya sebagian masyarakat untuk mencari nafkah.

Sehingga yang membuat danau ini menarik, selain keindahannya tentu saja adalah Kars yang mengelilingi danau ini. Selain itu, pada bagian Barat danau Lut Tawar ditemukan dua kerangka yang diyakini sebagai manusia prasejarah berumur 3.000 Tahun, tepatnya di bukit Mandele Aceh Tengah.

Danau Laut Tawar juga menawarkan sensasi danau yang mirip dengan lautan. Wisatawan bisa melihat adanya ombak-ombak kecil yang sesekali menyapa tepi danau. Keindahan panorama alam berupa perbukitan hijau yang berada disekitar danau juga menambah suasana alami serta sedap untuk dipandang mata.

Tak hanya menyimpan panorama alam yang menawan, destinasi ini juga merupakan salah satu elemen penting dalam roda perekonomian masyarakat Aceh Tengah khususnya yang berada disekitar danau.

Danau Lut Tawar Aceh Tengah dari ketinggian 

Lebih dari 20 sungai bermuara di danau ini, serta air menjadi sumber irigasi utama untuk lahan pertanian dan perkebunan warga setempat. Selain itu, tempat wisata yang satu ini juga dibalut beberapa kisah misteri yang membuat bulu kuduk berdiri.

Danau Laut Tawar memiliki kedalaman bervariatif yang bisa mencapai hingga 50 meter lebih. Wisatawan dihimbau agar selalu berhati-hati karena bisa saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Di tempat ini juga terdapat berbagai spesies flora dan fauna yang hidup didalam dan disekitar danau. Seperti beberapa jenis plankton, ikan, moluska, dan mamalia.

Salah satu ikan endemik yang menghuni danau ini adalah ikan depik. Sekilas ikan ini mirip seperti ikan wadher yang ada dipulau jawa, berukuran kecil serta bersisik putih berkilau yang tak pernah habis populasinya meskipun selalu menjadi buruan warga sekitar untuk dikonsumsi. Ikan ini memang sangat gurih dan mengandung protein yang tinggi, apalagi jika digoreng.

Jika beruntung wisatawan bisa menjumpai ikan tersebut pada musim kemarau, karena pada musim penghujan ikan depik sama sekali tak muncul ke permukaan. 

Fasilitas yang ada di Danau Laut Tawar cukup memadai. Disekitar danau wisatawan bisa menemukan fasilitas umum seperti toilet, area parkir yang luas, serta mushola untuk beribadah. Disekitar danau juga telah disediakan penginapan-penginapan yang bisa digunakan wisatawan jika ingin bermalam.

Wisatawan juga tak perlu kebingunan jika perut keroncongan setelah menikmati keindahan Danau Laut Tawar ini. Terdapat beberapa warung sederhana yang menjual makanan serta minuman.

Pengunjung bisa menikmati kuliner khas ditempat ini yaitu olahan ikan depik yang sangat gurih dan lezat. Selain itu jangan lupa untuk mencicipi kopi khas Gayo yang terkenal akan kenikmatannya.
Berkunjung ke Danau Laut Tawar memang menjadi alternatif menarik jika tengah berada di Aceh Tengah, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di tempat wisata tersebut.

Menikmati Keindahan Danau

Bagi kamu pecinta wisata alam, maka tak ada salahnya menjadikan Danau Laut Tawar sebagai destinasi wisata. Saat kamu berada di danau ini, sejauh mata memandang mata akan dimanjakan dengan hamparan luas air danau yang berwarna kebiruan. 

Perbukitan hijau yang berada di balik danau juga seolah menjadi pelengkap sehingga keindahan danau nampak sempurna.

Kamu juga bisa bermain air atau berenang di pinggir danau, namun tetaplah waspada karena danau ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda. 

Jangan terlalu ketengah, karena kedalaman danau mencapai 50 meter. Banyak wisatawan yang telah menjadi korban ketika berenang tanpa menghiraukan keselamatan.

Pesona keindahan Danau Lut Tawar

Ketika berada di Danau Laut Tawar, kamu juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Nelayan setempat selalu bersedia untuk mengantarkan wisatawan berkeliling danau dengan perahu yang juga digunakan nelayan untuk mencari ikan. 

Harga sewa perahu ini juga relatif murah, kamu bisa berunding terlebih dahulu dengan nelayan pemiliki perahu untuk menentukan harga sewanya.

Dengan berkeliling dengan perahu kamu akan dibawa oleh nelayan di beberapa spot danau dengan panorama yang memukau. Kamu juga bisa menikmati segarnya udara disekitar danau yang masih alami dan sejuk, angin sepoi-sepoi juga tak hentinya berhembus menambah suasana damai di tempat wisata ini.

Di danau ini juga sering digunakan sebagai tempat camping bagi pemuda pecinta alam. Kamu bisa membangun tenda di tepi danau serta menghabiskan malam di tepi danau yang indah. 

Dengan membuat api unggun kamu bisa mengusir dingin yang terkadang menusuk hingga ke tulang. Hamparan langit luas yang dipenuhi bintang juga seolah menjadi kawan yang menemani tidurmu.

Disela-sela camping, kamu juga bisa memancing ikan sebagai santapan siang atau malam. Danau ini memang memiliki berbagai spesies ikan yang bisa dikonsumsi, penduduk sekitar juga sering memancing di danau ini. Ikan Depik adalah salah satu jenis ikan yang bisa kamu temui di Danau Laut Tawar.

Sementara itu, waktu tempuh menuju Danau Laut Tawar dari Kota Takengon cukup singkat, yakni sekitar 10 menit. Wisatawan tidak perlu khawatir tersesat karena sudah ada plang petunjuk arah menuju tempat wisata itu. [advetorial]

Rubrik:Pariwisata