Menebar Terang Kelistrikan Ke-76 Tahun di Desa Teladan

Menebar Terang Kelistrikan Ke-76 Tahun di Desa Teladan
Menebar Terang Kelistrikan Ke-76 Tahun di Desa Teladan

MEULABOH,ACEHPORTAL.com - Peringatan Hari Listrik Nasional ke-76, PLN UP3 Meulaboh ULP Meulaboh Kota berbagi kebahagiaan kepada salah satu keluarga kurang mampu di Desa Teladan yang belum menikmati cahaya terang dari listrik.

Manajemen PLN UP3 Meulaboh dan ULP Meulaboh Kota berangkat dari Kota Meulaboh menuju Desa Teladan dengan tujuan mengunjungi rumah Keluarga  Suhardi. 

Perjalanan dari Kota Meulaboh menuju Desa Teladan membutuhkan waktu lebih kurang 1,5 jam dengan lintasan yang terbilang sulit karena harus melintasi jalanan kecil dan rusak, serta menyeberangi sungai menggunakan jembatan gantung kecil yang cukup rawan untuk dilewati.

Letih perjalanan seketika terlupa ketika melihat senyuman Samsidar istri dari Suhardi menyambut tim dari PLN datang berkunjung ke rumahnya.

Suhardi dan keluarga tinggal dirumah papan kecil dengan perabotan minim seadanya. Jangankan untuk menggunakan peralatan elektronik seperti penanak nasi atau blender, bahkan cahaya lampu belum pernah menerangi rumah yang ditempatinya. 

Suhardi dan keluarga beraktifitas hanya dengan mengandalkan cahaya dari lampu teplok atau bahkan cahaya lilin seadanya.
 
Suhardi adalah seorang petani sekaligus pekebun yang menggarap sawah dan kebun milik orang lain. Selepas menggarap sawah, juga selalu menyempatkan diri untuk mengurus kebun yang juga milik orang lain. Sementara istrinya seorang Ibu Rumah Tangga.

"Saya hanya seorang Ibu Rumah Tangga. Mau nyuci atau menggosok pakaian dirumah tetangga juga tidak ada yang terima. Mungkin karena disini masih kampung, jadi jasa cuci gosok tidak laku," kata Samsidar.

Ketika ditanya dimana suaminya, Samsidar menjawab beliau sedang membajak sawah milik orang lain. 

"Kebetulan lagi musim hujan, jadi sudah mulai tanam-tanam padi. Biasa pulang kerumah sore menjelang maghrib".

Pemasangan kwh meter langsung dilakukan dihari yang sama agar Keluarga Bapak Suhardi dapat menikmati cahaya lampu.

Ketika pemasangan listrik selesai dilakukan dan cahaya lampu menyinari rumahnya, dengan sedikit sesenggukan Samsidar mengucapkan terimaksihnya kepada Pihak PLN yang telah memberikan bantuan penyambungan listrik gratis untuk keluarganya.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada PLN sudah memberikan bantuan listrik untuk kami. Kalau malam kami gak harus meraba lagi cari-cari lilin, anak-anak juga bisa belajar lebih nyaman," ucap Samsidar.

Pada kesempatan yang sama, PLN UP3 Meulaboh ULP Meulaboh Kota juga memberikan sedikit bantuan sembako untuk keluarga Samsidar yang diserahkan langsung oleh manajemen UP3 Meulaboh yang diwakili oleh Muhammad selaku Manajer Bagian Jaringan.

"Kami berharap, bantuan pemasangan listrik gratis dan sedikit sembako ini dapat bermanfaat untuk Ibu Samsidar sekeluarga," kata Muhammad Ilham dalam sambutannya.

Diakhir kunjungan dari tim PLN UP3 Meulaboh dan ULP Meulaboh Kota, Samsidar menyampaikan harapannya semoga program ini dapat terus belanjut sehinggan dapat membantu banyak keluarga kurang mampu lainnya.

Rubrik:Teknologi