Breaking News

Masuk Banda Aceh Diperketat, Pelintas Wajib Bersertifikat Vaksin atau Tes Swab

Masuk Banda Aceh Diperketat, Pelintas Wajib Bersertifikat Vaksin atau Tes Swab
Ilustrasi

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh melakukan penyekatan di tiga titik masuk ke kota Banda Aceh.

Warga yang hendak masuk ke Banda Aceh dari luar daerah atau luar kota harus bisa memperlihatkan bukti sertifikasi vaksin Covid-19 atau bukti tes swab.

Hal tersebut berdasarkan Surat Kapolda Aceh Nomor: B/1679/VII//OPS.2/2021 Tanggal 6 Juli 2021 yang ditandatangani Karo Ops, Kombes Pol Agus Sarjito.

Surat tersebut menindaklanjuti Instruksi Mendagri Nomor 17 Tahun 2021 tentang Kegiatan PPKM Mikro yang diperketat, bahwa Kota Banda Aceh masuk dalam PPKM Mikro yang Diperketat Level IV.

Polda Aceh dibantu TNI dan Satpol PP/WH Aceh akan membentuk tiga Pos Penyekatan. Penyekatan dilakukan terhitung dari sejak tanggal 6 sampai 20 Juli 2021. 

Pos penyekatan masing-masing yakni, Simpang Lambaro (Aceh Besar), Leupung (Aceh Besar) dan Pelabuhan Ulee Lheue (Kota Banda Aceh).

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy yang dikonfirmasi wartawan, Rabu (7/7/2021) membenarkan perihal Surat Kapolda Aceh tersebut.

Menurutnya, dibukanya pos penyekatan di wilayah tiga titik masuk ke Banda Aceh, maka kendaraan dari luar Banda Aceh atau luar kota akan dilakukan pemeriksaan.

Pelintas yang memasuki kota Banda Aceh juga disyaratkan untuk memperlihatkan surat keterangan hasil negatif swab antigen/PCR atau sertifikat vaksin, baik vaksin pertama atau pun vaksin kedua.

Jika persyaran itu tidak ada, maka pelintas yang hendak memasuki Kota Banda Aceh akan dilakukan putar balik arah dan dilarang memasuki Kota Banda Aceh.

Selain itu, bagi kendaraan angkutan umum (travel/bus/angkot) juga akan dilakukan pemeriksaan. Kapasitas tempat duduk tidak melebihi 50%, jika melebihi akan diturunkan dan dikurangi.

“Setiap mobil penumpang juga akan dicek prokes terutama penggunaan masker dan pengecekan suhu tubuh,” kata Kabid Humas Polda Aceh.

Editor:
Rubrik:Umum