Masjid Unik di Malaysia, Warnanya Pink!

Acehportal.com, Putrajaya - Malaysia tidak hanya terkenal dengan Menara Petronas, tetapi juga banyak masjid indah untuk kunjungan wisata religi. Salah satunya masjid berwarna pink ini.

Masjid Putra yang terletak di daerah Putrajaya ini memiliki warna dan arsitektur menarik. Masjidnya berwarna pink dengan kubah berkaligrafi yang indah. Warna masjid ini bukan karena efek lampu lho, tetapi memang dari granit berwarna pink.

Bagian depan Mesjid Pink (Shafa/detikTravel)

Masjid yang terletak di kawasan pemerintahan Malaysia ini dibangun pada tahun 1997 dengan luas 1,37 hektar. Nama masjid diambil dari nama anak Perdana Menteri Malaysia, Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj.

Beberapa waktu lalu detikTravel berkesempatan berkunjung ke Masjid Putra. Di Masjid ini kita akan melihat gaya arsitektur Turki dan Timur Tengah yang dipadu dengan arsitektur Melayu. Cantik!

Di gerbang masjid, traveler akan disambut oleh gerbang masjid yang tinggi dan megah. Bangunan masjid terdiri dari 4 lantai dan memiliki lift, sehingga mempermudah wisatawan untuk menyaksikan keindahan tiap lantainya.

Kubah di dalam Mesjid pink (Shafa/detikTravel)

Masjid memiliki 3 area utama, yaitu ruang salat, sahn atau lapangan dan berbagai ruang kegiatan, serta fasilitas belajar. Ruang salat yang sangat luas dan indah disangga oleh 12 pilar yang kokoh. Sedangkan lapangan dihias dengan berbagai dekorasi air dipagari dan di kelilingi jajaran pilar.

Menara Masjid Putra merupakan salah satu menara mesjid tertinggi di kawasan ini, yaitu 116 m. Menara ini memiliki 5 tingkatan yang mencerminkan lima pilar agama Islam dan kewajiban shalat lima waktu.

Berhubung masjid merupakan tempat ibadah, tentu traveler harus berpakaian sopan alias tertutup untuk memasuki kawasan wisata ini. Siapapun boleh masuk ke kawasan ini. Bagi traveler yang tidak menggunakan jilbab, atau bagi laki-laki yang bercelana pendek jangan khawatir. Petugas akan mengarahkan traveler ke booth peminjaman jubah nantinya.

Wisatawan yang menggunakan jubah di Mesjid pink (Shafa/detikTravel)

Sesampainya di pintu masjid, ada booth informasi. Jika traveler ingin mengetahui informasi mendalam tentang masjid tanyakan saja di booth ini. Dan traveler juga bisa mengambil selebaran mengenai masjid, agama Islam, dan tata cara salat di dekat booth.

Selain menikmati keindahan masjid berwarna pink ini, traveler juga bisa melihat danau dan gedung pemerintahan Malaysia yang terletak tidak jauh dari kawasan masjid. Jika diperhatikan dari danau, masjid akan terlihat seperti mengapung di atas air. Sangat indah!

Nah, Masjid Putra bisa menjadi destinasi ngabuburit traveler di bulan Ramadan. Menikmati keindahan masjid dan danau sambil menunggu waktu berbuka, habis itu lanjut tarawih di masjid indah ini.

Rubrik:Gaya Hidup
Sumber:detik.com
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI