Breaking News

Mantap! BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe Abdya Setor PAG ke Pemerintah Desa

Mantap! BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe Abdya Setor PAG ke Pemerintah Desa

Blangpidie, Acehportal.com - Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Pusaka Aneuk Nanggroe, Gampong Cot Seumantok, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya (Abdya) memberikan Pendapatan Asli Gampong (PAG) untuk pemerintah desa setempat.

Keuchik Gampong Cot Seumantok, Zaidami melalui Sekdes Samsul, Kamis (28/1/2021) saat dihubungi Acehportal.com, membenarkan pihaknya menerima PAG sebesar Rp 9 juta dari hasil keuntungan usaha yang dikelola BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe.

"Iya benar, BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe menyetorkan PAG untuk Gampong Cot Seumantok sebesar Rp 9 juta dari hasil keuntungan usaha tahun 2020," ungkap Samsul.

PAG senilai Rp 9 juta itu, katanya, disetorkan ke Kas Pemerintah Gampong. Pendapatan itu diperoleh dari bagi hasil keuntungan dua unit usaha yang dikelola BUMG yakni usaha bidang perkebunan kelapa sawit dan jasa penyewaan pelaminan serta ayunan bayi.

Untuk unit usaha bidang perkebunan, lanjut Samsul, BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe mengelola lahan sawit seluas 8 hektar yang dibeli sejak tahun 2018 lalu melalui dana penyertaan modal oleh gampong.

"Pertama tahun 2018 awalnya dibeli BUMG lahan seluas 4 hektar, kemudian 2019 ditambah 2 hektar, dan 2020 dibeli lagi 2 hektar," sebutnya.

Sebagian besar dari tanaman sawit itu sudah produktif. Bahkan, dari total lahan sawit 8 hektar tersebut sebanyak 1 hektar diperoleh pembeliannya dari hasil keuntungan usaha BUMG.

Tahun 2019, BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe juga membukukan keuntungan usaha dan menjadi PAG untuk pemerintah gampong setempat sebesar Rp 7 juta.

Dana PAG tersebut kemudian digunakan Pemerintah Cot Seumantok membangun dua unit WC untuk 2 kepala keluarga miskin di desa.

Samsul juga menjelaskan, BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe juga mencatat pemasukan dari bagi hasil usaha selama 2 tahun (2019-2020) senilai Rp 12 juta.

Dana tersebut diperoleh dari persentase bagi hasil buku tahunan yang digunakan untuk pos bantuan sosial masyarakat.

"Alhamdulillah, pada bulan Ramadhan tahun lalu masyarakat Cot Seumantok menerima bantuan sitrup dan gula yang dibagikan kepada setiap rumah oleh pengurus BUMG," ujar Samsul.

Sementara itu, Pendamping Lokal Desa (PLD) gampong setempat, Armizal mengaku pihaknya pendamping desa mendampingi usaha BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe itu dari nol.

"Saya selaku PLD, mengucapkan terimakasih atas kerjasama pengurus dan pemerintah gampong yang telah berusaha keras dalam mengembangkan usaha BUMG ini," ucapnya.

Armi berharap, kedepan PAG dari hasil keuntungan usaha BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe ini mampu mengsubsidi isentif untuk perangkat Masjid di gampong dan bantuan santunan anak yatim setiap tahunnya.

"Pesan kami pendamping desa terutama pengurus agar tetap bersemangat, pantang menyerah dan tetap komit memajukan usaha BUMG ini agar menjadi poros ekonomi gampong demi mencapai kesejahteraan masyarakat," pesan Armi.

BUMG Pusaka Aneuk Nanggroe Gampong Cot Seumantok ini dibawah pengelolaan pengurus yakni Mawardi sebagai Direktur, Sekretaris Susi Agustina dan Herna Yanti sebagai Bendahara. BUMG tersebut telah menyerap tenaga kerja dari masyarakat sejumlah 5 orang.

Rubrik:Daerah, Ekonomi, Umum
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI