Breaking News

Malam Puncak API 2021 di Musi Banyuasin Dipastikan Sangat Meriah, Ini Harapan Panitia

Malam Puncak API 2021 di Musi Banyuasin Dipastikan Sangat Meriah, Ini Harapan Panitia
Puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2021 berlangsung di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada 30 November 2021.

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Award tahun 2021 berlangsung di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada 30 November 2021 mendatang dipastikan akan berlangsung meriah dan spektakuler.

Persiapan dilakukan panitia hingga mendekati H-10 telah berjalan dengan baik. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin sebagai tuan rumah API Award 2021 telah mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelumnya.

Bahkan, dari kesiapan-kesiapan sarana prasarana hingga pelayanan kepada para tamu undangan sudah dipersiapkan dengang matang, diantaranya seperti area VIP dan tribun untuk penonton di informasikan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Dikonfirmasi ACEHPORTAL.com, Jumat (19/11/2021), Founder Anugerah Pesona Indonesia & CEO Ayo Jalan Jalan Indonesia, Muhammad Syafaat mengatakan, persiapan sampai dengan mendekati H-10 telah berjalan dengan baik.

"Tim Pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin sebagai tuan rumah Malam API 2021 telah mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelumnya, dari kesiapan-kesiapan sarana prasarana hingga pelayanan kepada para tamu undangan," kata Syafaat.

Muhammad Syafaat juga menyampaikan terkait persiapan tersebut bahwa tim API sendiri telah melakukan audiensi ke beberapa Kementerian terkait kegiatan tersebut.

"Dan audience atau peserta tahun 2021 di MUBA ini lebih antusias dibanding tahun sebelumnya, dimungkinkan karena pandemi yang Alhamdulillah sudah menurun dan merindukan bangkitnya pariwisata-pariwisata di daerah," kata Syafaat lagi.

Disinggung saat ini apakah undangan untuk tamu sudah disebar untuk daerah-daerah, Syafaat menyampaikan bahwa undangan telah disebar kepada seluruh nominasi yang masuk pada tiga besar di Anugerah Pesona Indonesia yang ke-6 pada tahun 2021 ini.

"Kalau jumlah yang datang kami persilahkan daerah yang mengatur dan melakukan konfirmasi kepada panitia atau bisa direct ke Ketua Panitia Bapak Hiro, untuk pembatasan di area VIP bisa masuk lima orang saja dan sisanya bisa menonton langsung dari atas yaitu tribun penonton," tuturnya.

Muhammad Syafaat juga menyampaikan harapannya bahwa API bukan saja sebagai ajang apresiasi kepada pariwisata daerah di seluruh Indonesia.

"Tetapi lebih kepada dampak promosib-kampanye serta sosialisasi dari produk dan destinasi pariwisata yang disampaikan oleh seluruh stakeholder di daerah masing-masing," harap Syafaat.

"Hingga di acara puncak malam API dapat memberikan dampak yang luar biasa kepada tuan rumah API khususnya, seperti yang diberitakan dan dilaporkan pihak tuan rumah API 2020 NTT mencatatkan pendapatan kegiatan malam API 2020  di Labuanbajo mencapai lebih dari 7 M," pungkasnya.

Sementara, untuk Aceh berdasarkan data perolehan suara (vote) nominasi pariwisata Aceh per kategori API 2021 dari seluruh channel vote (SMS, Youtube dan Instagram) mulai dari 1 Juli hingga 30 September 2021 sebagai berikut:

1. Minuman tradisional: Kopi Khop - Kabupaten Aceh Barat (5%)

2. Promosi Pariwisata Digital: [email protected]_Gayo - Kabupaten Aceh Tengah (30%)

3. Brand Pariwisata: Charming Banda Aceh - Kota Banda Aceh (60%)

4. Destinasi Belanja: Paya Ilang - Kabupaten Aceh Tengah (7%)

5. Cindera Mata: Kasab Sulam Emas - Kabupaten Aceh Singkil (26%)

6. Ekowisata: Ujung Tamiang - Kabupaten Aceh Tamiang (8%)

7. Dataran Tinggi: Sigantang Sira - Kabupaten Aceh Selatan (47%)

8. Festival Pariwisata: Festival Pulau Banyak - Kabupaten Aceh Singkil (67%)

9. Destinasi Kreatif: Anjungan Tapak Tuan Tapa - Kabupaten Aceh Selatan (29%)

10. Destinasi Unik: Kopi Seladang - Kabupaten Bener Mariah (4%)

11. Destinasi Baru: Air Terjun Silelangit - Kota Subulussalam (29%)

12. Surga Tersembunyi: Gua Sarang - Kota Sabang (5%).