Breaking News

Lukai Petugas, 8 Napi Kabur dari Lapas IIB Blangpidie Abdya

Lukai Petugas, 8 Napi Kabur dari Lapas IIB Blangpidie Abdya
Ilustrasi

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Delapan orang narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Blangpidie Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan kabur usai menikam tiga orang petugas di dalam Lapas tersebut, Jum'at (16/7/2021).

Kalapas IIB Blangpidie, Ahmad Widodo saat dikonfirmasi wartawan membenarkan perihal itu.

"Benar, ada 8 orang yang kabur, 1 orang berhasil diamankan petugas," ujarnya singkat.

Informasi kaburnya 8 orang napi di Lapas IIB Blangpidie Abdya dengan cepat beredar di media sosial WhatsApp.

Informasi yang diterima ACEHPORTAL.com, kronologis kejadian berawal saat para napi di lapas IIB Blangpidie melaksanakan shalat Ashar berjamaah sekitar pukul 16.00 WIB.

Setelah shalat berjamaah, sekitar sembilan orang napi langsung menuju ke pintu area steril keluar masuk tahanan. 

Kemudian, sembilan orang napi itu langsung mendobrak dan memaksa tahanan pendamping yang menjaga pintu area steril yang saat itu tidak dikunci.

Setelah berhasil, para napi langsung berlari ke arah pintu utama dan memecahkan kaca. Pecahan kaca tersebut kemudian digunakan napi sebagai senjata untuk melukai petugas sipir yang sedang piket di ruang kantor P2U.

Adapun petugas yang menjadi korban diantaranya 2 orang bertugas sebagai petugas sipir, yakni Irfansyah mengalami luka tusuk di ulu hati, dan M Ilham mengalami luka hantaman kaca. 

Sedangkan satu orang lagi ialah Sudirman, anggota lapas (tamping kebersihan) mengalami luka pelipis mata sebelah kanan dan robek di bagian punggung sebelah kanan.

Diketahui, delapan napi yang berhasil kabur itu tujuh orang divonis kasus sabu antara lain Steven, Rusli, Irwansah, Arif, Muksalmina, Faizar dan Mahfud, serta Jun Faisal yang divonis kasus cabul.

Selanjutnya, Samiran tidak berhasil kabur lantaran cepat ditangkap oleh petugas.

Sampai saat ini delapan napi yang berhasil kabur dari Lapas IIB Blangpidie sedang dilakukan upaya pencarian ke arah pegunungan yang menuju ke Kipan C Yonif RK 115/Macan Lauser dan Kodim 0110/Abdya.

Sementara, para korban pihak lapas yang mengalami luka tusuk dan luka lainnya sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Tengku Peukan  (RSUTP) Abdya.

Informasi yang berkembang di media sosial WhatsApp juga ikut beredar foto-foto para napi yang melarikan diri dari Lapas IIB Blangpidie tersebut.

Editor:
Rubrik:Hukum, News