LPPM Universitas Malikussaleh Lakukan Pelatihan Guru di Aceh Singkil

LPPM Universitas Malikussaleh Lakukan Pelatihan Guru di Aceh Singkil(Dok. Universitas Malikussaleh)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh melakukan pelatihan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Gunung Meriah, Aceh Singkil, Senin (22/11/2021) kemarin.

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Untuk meningkatkan mutu pembelajaran daring sejumlah dosen tergabung di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh melakukan pelatihan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Gunung Meriah, Aceh Singkil, Senin (22/11/2021) kemarin.

Sistem pembelajaran daring atau biasa disebut dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan ketika pandemi Covid-19 ini dinilai dapat menurunkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Sehingga, guna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring berbasis internet tersebut perlu diberikan pemahaman. 

Beranjak dari hal tersebut, LPPM Universitas Malikussaleh menyelenggarakan pengenalan G-EDUCATION untuk para guru SMA/SMK se-Aceh Singkil.

Hadir sebagai pemateri Tim LPPM Universitas Malikussaleh sekaligus sebagai dosen yakni Widyana Verawaty Siregar, Arnawan Hasibuan, Muhammad Daud, Adi Setiawan, Baidhawi dan Hendrival.

Kegiatan itu langsung dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil, Musren yang kemudian ditutup oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Perwakilan Subulussalam dan Aceh Singkil, Asbaruddin.

Sementara, untuk peserta pelatihan adalah guru yang berasal dari SMA/SMK se Aceh Singkil dengan jumlah peserta sebanyak 30 guru SMA dan SMK se-Aceh Singkil. Dalam kegiatan itu juga bertindak sebagai tuan rumah adalah SMA Negeri 1 Gunung Meriah.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan bagaimana mengelola data yang benar dan membuat classrhome, penugasan yang efektif dan effesien, serta menyebar materi pembelajaran kepada siswa.

Selaku Dosen Universitas Malikussaleh yang menjadi Fasilitator dalam kegiatan, Armawan Hasibuan mengatakan, pengenalan G-Education ini bertujuan untuk mendukung program peningkatan pembelajaran via daring selama pandemi berlangsung di Indonesia saat ini. 

"Sekalian memperbaiki system Manajemen pembelajaran melalui program G-education," kata Armawan, Rabu (24/11/2021).

Dalam pelaksanaannya, lanjut Armawan, materi disampaikan oleh Dosen yang merupakan Tim LPPM Universitas Malikussaleh.

"Serta ikut tergabung dalam kegiatan ini mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Aceh Singkil Lhokseumawe dan Aceh Utara yakni Abdul Dawi dan juga sebagai Sekretaris Himasil serta ikut Ferdi Hidayatullah dan M Ilham Lapara dari Fakultas Ekonomi," jelasnya.

Di sisi lain, Widyana Verawaty Siregar juga berharap, melalui kegiatan pengabdian masyarakat tersebut bisa sebagai solusi permasalahan pendidikan yang sedang dihadapi masyarakat, bangsa dan negara. 

"Dan juga harapan kami semoga pendidikan di Aceh Singkil ini dapat melaksanakan pembelajaran daring secara aktif, efektif dan efesien berbasis online jika hal ini memang perlu diterapkan," pungkasnya.