Breaking News

Lima Daerah di Indonesia Penghasil Lobster Terbaik, 3 dari Jawa

Lima Daerah di Indonesia Penghasil Lobster Terbaik, 3 dari Jawa

Jakarta, Acehportal.com - Indonesia yang bertekad jadi poros maritim dunia memiliki kekayaan melimpah di lautnya, termasuk lobster ada di dalamnya. Setidaknya ada lima daerah penghasil lobster terbaik di Tanah Air.

Berikut lima daerah penghasil lobster terbaik di Indonesia, mengutip pemberitaan RRI, Rabu (25/11/2020). Pulau Jawa sendiri memiliki tiga daerah yang mampu menghasilkan lobster kelas wahid ini.

Berikut daftar daerah penghasil lobster terbaik di Indonesia:

1. Cilacap

Cilacap jadi kabupaten yang mampu menghasilkan lobster dan udang premium di Indonesia. Udang yang dibudidayakan di wilayah ini berjenis udang jerbung, udang dogol hingga udang tiger.

Lobster di Cilacap dibanderol cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 100-150 ribu per kilogram. Oleh karenanya, banyak traveler yang banyak mencarinya ke kabupaten ini.

2. Yogyakarta

Siapa sangka kalau Kota Pelajar juga Kota Wisata ini jadi lumbung lobster terbaik di Indonesia. Pesonanya pasti teralihkan oleh keberadaan dunia pariwisatanya.

Jika ke Bantul hingga Gunungkidul, traveler akan menemui para nelayan yang menyuguhkan berbagai hidangan segar dari laut, termasuk lobster. Lobster di Yogyakarta diambil langsung dari laut di Pantai Nampu, Drini, hingga Timang dan olahannya dijual di rentang harga Rp 250-300 ribu.

3. Gresik

Mari kita beralih ke pesisir utara Laut Jawa, ke Kabupaten Gresik. Lobster dari wilayah ini berasal dari Pulau Bawean. Lobster dari pulau ini bisa dibilang juaranya karena seekor saja sudah mencapai satu kilogram.

Lobster di Kabupaten Gresik banyak dibudidayakan dalam keramba. Para nelayannya akan memasang keramba di pantai Pulau Bawean dan yang dibudidayakan berjenis lobster mutiara dan lobster bambu.

4. Aceh

Daerah penghasil lobster terbaik selanjutnya ada di Tanah Rencong. Lokasi tepat ditemukannya lobster ini ada di Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Ada berbagai jenis lobster premium di sini, mulai dari lobster mutiara, lobster pasir, lobster batu, dan lobster bambu.

Traveler akan menemukan lobster seberat 100-200 gram di sini. Berapa harganya? Para pembudidaya di sana menjual lobster itu seharga Rp 25-30 ribu.

5. Lombok

Eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti pernah menyebut bahwa Teluk Awang di Lombok Tengah adalah daerah yang bisa menghasilkan lobster terbaik. Tentu, Nusa Tenggara Barat juga unggul dalam hasil laut lainnya.

Lobster adalah komoditi yang sangat menggiurkan dan banyak nelayan di Teluk Awang mulai berburu hewan krustasea ini. Traveler dapat menikmati lobster di Lombok ini dengan menebusnya terlebih dulu seharga Rp 500 ribu per kilogram dan nelayan bisa mendapat ratusan ekor dalam masa panen.

Rubrik:Umum
Sumber:Detik.com