Libatkan Pihak Perusahaan, Pemerintah Aceh Selatan Rumuskan Penanganan Dampak Banjir Sungai Alas-Singkil

Libatkan Pihak Perusahaan, Pemerintah Aceh Selatan Rumuskan Penanganan Dampak Banjir Sungai Alas-Singkil
Kalaksa BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma (berdiri menggunakan batik) saat menyampaikan rumusan pada rapat koordinasi penanganan bukaan penampang bantaran Sungai Alas-Singkil di Hall Pendopo Bupati Aceh Selatan, Jumat (4/6/2021). (ACEHPORTAL.com/Safdar)

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Pasca peninjauan Tim Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan ke lokasi aliran Sungai Alas-Singkil beberapa hari lalu, dapat dirumuskan beberapa sumber permasalahan yang mengakibatkan dampak banjir sungai tersebut terhadap masyarakat di Kecamatan Trumon Aceh Selatan.

Hal ini disampaikan Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran saat menggelar rapat koordinasi penanganan bukaan penampang bantaran Sungai Alas-Singkil di Hall Pendopo Bupati Aceh Selatan, Jumat (4/6/2021).

"Hari ini kita lakukan rapat koordinasi bersama dinas terkait dan melibatkan pihak-pihak perusahaan yang berada dalam kawasan tersebut untuk merumuskan langkah-langkah penanganan yang akan kita laksanakan sesegera mungkin, mengingat dampak banjir yang selama ini terjadi cukup merugikan masyarakat," ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma menguraikan, langkah-langkah penanganan yang telah dilakukan dalam menghadapi dampak banjir yang kerap terjadi di Kecamatan Trumon. 

"Awal tahun 2020 lalu kita sudah bekerja sama dengan BPBA, Akademsi Unsyiah,TDRMC untuk membuat kajian teknis penanganan banjir Trumon dan hasil riset tersebut juga sudah kita persentasikan dalam rapat interkoneksi lintas kabupaten yang difasilitasi oleh BNPB di Jakarta Februari lalu, sehingga melahirkan kesepakatan bersama untuk serius menangani dampak banjir sungai Alas-Singkil dari hulu ke hilir," terangnya.

Sesuai arahan Bupati, lanjutnya, BPBD Aceh Selatan juga sudah menyiapkan kajian teknis penanganan rekonstruksi tanggul pengaman tebing antisipasi banjir yang akan dilakukan pada bukaan tebing sungai yang mengarah pada dataran rendah Suak Jampak dan Titi Poben.

"Secepatnya kita merumuskan program penanganan banjir ini, sehingga dampak banjir dengan intensitas air sungai yang mengarah ke pemukiman masyarakat Trumon dapat diminimalisir," tandasnya.

Rapat koordinasi yang dipimpin Bupati Aceh Selatan tersebut membahas sejumlah persoalan dan rencana penanganan penyebab banjir Trumon selama ini.

Rapat ini juga ikut dihadiri Ketua DPRK Aceh Selatan, Amirrudin, Ketua Fraksi Partai Aceh, Adi Samridha, Direktur PT Agro Sinergi Nusantara, Kalak BPBD Aceh Selatan, perwakilan dinas terkait, Camat Trumon Timur, perwakilan keuchik gampong terdampak serta dihadiri juga oleh tokoh masyarakat Tgk Abral Muda.

Editor:
Rubrik:Daerah, Umum