Polisi Amankan 158 Kilogram Ganja dan Tiga Tersangka di Galus

Polisi Amankan 158 Kilogram Ganja dan Tiga Tersangka di Galus(Dok. Polres Gayo Lues)
Konferensi pers pengungkapan kasus narkoba jenis ganja sebanyak 158 kilogram di Mapolres Gayo Lues, Kamis (11/11/2021). Seluruh ganja itu akan dikirim ke Sumatera Utara.

BLANGKEJEREN, ACEHPORTAL.com - Sat Resnarkoba Polres Gayo Lues kembali mengungkap kasus narkoba. Kali ini, petugas mengamankan tiga tersangka beserta 158 kilogram ganja kering.

Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam yang dikonfirmasi Kamis (11/11/2021) membenarkan penangkapan tersebut.

"Benar, tiga orang ditangkap yakni KS (47), warga Kecamatan Trumon, Aceh Selatan serta RH (36), warga Kecamatan Terangun dan BD, warga Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues," ujarnya.

"Penangkapan ini dilakukan di Jalan Terangun, Desa Jabo Kecamatan Terangon, Gayo Lues, pada Rabu 3 November 2021 oleh Sat Resnarkoba Polres Gayo Lues," katanya.

Penangkapan berawal dari informasi yang diterima petugas tentang akan adanya melintas sebuah mobil bermuatan ganja kering dalam jumlah besar. Ganja tersebut, akan di bawa menuju Kota Binjai, Sumatera Utara melalui Jalan Lintas Terangun-Abdya.

"Menanggapi informasi tersebut tim langsung bergerak dan melakukan pemantauan, tak lama berselang mobil yang dicurigai melintas dan tim segera bergerak. Setelah dipastikan kebenarannya, tim segera bertindak dengan menghentikan kendaraan dan setelah diperiksa benar saja ada enam karung berisikan 158 bal (satu kilogram per bal) ganja kering siap edar," jelasnya.

Ketika sopir yakni KS diperiksa, ia mengaku disuruh oleh seseorang berinisial P yang saat ini sedang menjalani hukuman atas kasus narkotika di Lapas Meulaboh.

Kepada petugas KS juga menerangkan, lanjut Kapolres, bahwa pelaku P bekerjasama dengan RH dalam pengiriman barang haram ini, hingga akhirnya RH pun ikut diamankan petugas.

"Tim terus menggali keterangan dari RH dan KS, ternyata dia juga disuruh oleh BD untuk mencarikan mobil yang bisa mengangkut ganja dari Blangkejeren menuju Sumatra Utara, tersangka BD ditangkap di rumahnya saat pengembangan," paparnya.

Dari hasil pemeriksaan lanjut terhadap BD, ternyata diketahui ia juga disuruh oleh seseorang bernama panggilan Toke Haikal (DPO), warga Kecamatan Blangkejeren, untuk mencari seseorang yang mau membawa ganja itu.

Saat ini ketiga tersangka bersama barang bukti 158 kilogram ganja kering masih diamankan di Mapolres Gayo Lues. Sementara, petugas masih memburu Toke Haikal yang masuk dalam DPO Polres Gayo Lues. 

"Ketiganya diancam dengan Pasal 115 ayat (2) Jo 111 ayat (2) Jo 132 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara," tambah Kapolres.

Editor:
Rubrik:Hukum