Lagi, Longsor Batuan dan Lumpur Terjadi di Gayo Lues

Lagi, Longsor Batuan dan Lumpur Terjadi di Gayo Lues
Longsor batuan pasir dan lumpur yang terjadi di jalan lintas Blangkejeren-Pining, Gayo Lues. (Ist)

BLANGKEJEREN, ACEHPORTAL.com - Longsor kembali terjadi di Gayo Lues tepatnya di kawasan jalan lintas Blangkejeren-Pining daerah Uling-uling, Kecamatan Dabun Gelang.

Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam melalui Kasubbag Humas, Aiptu A Dalimunthe mengungkapkan, longsor berupa batuan pasir dan lumpur itu terjadi Kamis (13/5/2021) kemarin.

"Longsor menutupi seluruh badan jalan sepanjang lebih kurang 20 meter dan tinggi 1-2 meter kurang lebih mengakibatkan arus lalu lintas terputus hingga tidak dapat dilewati kendaraan," ujarnya Jumat (14/5/2021).

Dalimunthe menjelaskan, peristiwa longsor terjadi karena curah hujan tinggi yang terjadi di kawasan pegunungan Kecamatan Dabun Gelang dan kondisi tanah yang labil serta adanya sumber mata air di atas pegunungan tersebut.

"Personel Polres Gayo Lues berserta Polsek Blangkejeren langsung ke lokasi meninjau longsor dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mendatangkan alat berat, petugas juga membantu masyarakat yang hendak melewati lokasi longsor untuk menuju Blangkejeren dan Pining. Kita imbau masyarakat yang membawa kendaraan yang akan melintas agar berhati hati karena material longsor masih turun.

"Sementara untuk ruas jalan Blangkejeren-Pining saat ini masih dalam proses pembersihan dan diperkirakan baru bisa dilewati kendaraan roda empat besok hari karena material longsor sangat banyak dan intensitas curah hujan sangat tinggi di ruas jalan itu sehingga terkendala dalam proses pembuangan material. Diharapkan untuk warga yang akan melintasi ruas tersebut untuk sementara menunda dahulu perjalanan sampai besok pagi," jelasnya.