Kuliah Umum, Dandim Aceh Selatan : Mahasiswa Merupakan Komponen Cadangan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Kuliah Umum, Dandim Aceh Selatan : Mahasiswa Merupakan Komponen Cadangan Dalam Menjaga Keutuhan NKRI

ACEH SELATAN, ACEHPORTAL.COM - Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom, memberi kuliah umum kepada mahasiswa Politeknik Aceh Selatan bertempat di Desa Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (02/06/2021).

Dalam Kuliah umumnya, Dandim Aceh Selatan menyampaikan materi tentang Wawasan Kebangsaan dengan materi “Pancasila Adalah Identitas Nyata Bangsa Indonesia".

Dalam meterinya, Dandim Aceh Selatan menyampaikan bahwa Pancasila sebagaimana di rumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 adalah falsafah hidup bangsa, ideologi Negara, dasar Negara, dan sumber segala sumber hukum. Pancasila adalah dasar persatuan dan haluan kemajuan bangsa.

Kemudian, lebih lanjut Dandim menyampaikan, sejarah Indonesia telah mengungkap bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang memberi kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang baik dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

"Oleh karena itu, kita harapkan kepada mahasiswa teruslah menamkan dalam diri masing-masing tentang nilai-nilai pancasila tersebut melalui pendidikan kewarganegaraan, agar sikap kewarganegaraan dapat terbentuk dan memiliki kepribadian yang utuh dalam menatap kehidupan yang lebih kompleks di masa yang akan datang terutama kepribadian yang tangguh dan sigap dalam membela tanah air."ucap Dandim.

Kemudian, Dandim juga berharap, adanya kuliah umum itu dapat memperkokoh pemahaman terkait wawasan kebangsaan terhadap para Mahasiswa khususnya di Politeknik Aceh Selatan.

"Keguatan ini sebagai sarana dalam memperkokoh kompunen cadangan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara."sebut Dandim.

Menurut Dandim, para mahasiswa memiliki peran penting dalam mempertahankan keutuhan NKRI.

"Pada situasi genting, maka mahasiswa harus ambil bagian dalam membela dan mempertahankan Negara kesatuan republik Indonesia."terang Dandim.

Disamping itu juga, lanjut Dandim, mahasiswa juga punya pengaruh besar terhadap lingkungannya masing masing, sehingga bisa menjadi panutan dan harapan masyarakat kedepan serta dalam memajukan Bangsa.

Kegiatan Kuliah umum yang di sampaikan Dandim mendapat sambutan dan perhatian yang seksama dari Mahsiswa Politeknik Aceh Selatan. Hal ini di tunjukkan dengan antusiasnya para Mahasiswa ini mengikuti dan mendengarkan apa yang di disampaikan Dandim Aceh Selatan tersebut.

Dalam kegiatan ini juga, turut hadir Kadis Dagperinkop dan UKM Poltas T. Harida Aslim,S,E,M,M,, Ketua Pemuda Pancasila Asel Yoserizal dan Mahasiswa - Mahasiswi Politeknik Aceh Selatan.

Rubrik:Kodam IM