Breaking News

KPW SMUR Aceh Barat Lakukan Aksi Protes Terkait Penetapan PP Nomor 22 Tahun 2021

KPW SMUR Aceh Barat Lakukan Aksi Protes Terkait Penetapan PP Nomor 22 Tahun 2021

MEULABOH, ACEHPORTAL.com - Sejumlah Solidaritas Mahasiswa Untuk Rakyat (SMUR) melakukan aksi protes terkait penghapusan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) dari kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (LB3).

Aksi itu dilakukan di Simpang Empat Pelor, tepatnya di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat, Kamis (18/3/2021).

Komite Pengurus Wilayah (SMUR) Aceh Barat tersebut melakukan aksi dengan cara membentangkan banner yang bertuliskan "Jangan Bunuh Rakyatmu Dengan Racun Batubara".

Hal itu ditunjukkan kepada pemerintah untuk menggambarkan bahaya limbah batubara yang selama ini menghantui masyarakat yang tinggal di sekitar area PLTU.

"Aksi yang kami lakukan ini merupakan bentuk dari kritikan dan kekecewaan serta sekaligus penolakan terhadap pemerintah Aceh dan Indonesia yang mana ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini masih memikirkan keuntungan bagi pengusaha tambang melalui PP Nomor 22 tahun 2021," kata Sandi M yang ditujukan sebagai Koordinator Lapangan.

Disebutkan dalam PP Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta dirinya menyebutkan hal tersebut juga berkaitan dengan penyelesaian konflik pertahanan, pelanggaran HAM, kualitas pendidikan, kesehatan dan kemiskinan yang masih tergolong rendah khususnya di Aceh.

"Maka dari itu kami solidaritas mahasiswa untuk rakyat Aceh barat menuntut pemerintah daerah maupun pusat untuk mendorong penyelesaian konflik pertahanan di Aceh, dan mempercepat pengesahan Qanun pertahanan Aceh," ujar Sandi.

Selain itu, mereka para aksi juga meminta untuk mengusut tuntas konflik pelanggaran HAM, serta adili para pelaku pelanggaran HAM masa lalu dan sekarang, poin lainnya, yaitu hentikan tindakan represip, kriminalisasi dan pembungkaman ruang demokrasi terhadap semua gerakan rakyat.

"Para aksi juga mendesak presiden untuk mencabut PP Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta wujudkan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas untuk kesejahteraan masyarakat Aceh," kata Sandi menegaskan.

Rubrik:Daerah, Peristiwa
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI