Breaking News

Kodim 0110/Abdya Melaksakan Kegiatan Upacara Hari Kesadaran Nasional

Kodim 0110/Abdya Melaksakan Kegiatan Upacara Hari Kesadaran Nasional

ABDYA - Dengan menerpkan protokol kesehatan, Kodim 0110/Abdya melaksanakan kegiatan Upacara Hari Kesadaran Nasional. Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo bertindak selaku Inspektur Upacara, bertempat di lapangan Makodim 0110/Abdya jln Bukit hijau ds keude paya, Kec Blangpidie, kab Abdya.

Untuk pelaksana kegiatan Upacara tersebut dari personil Makodim yang terdiri dari. Bertindak selaku perwira upacara, Kapten Inf Fajar Setiawan Pasi Intel Kodim 0110/Abdya, untuk Komandan upacara Sersan Mayor Hendra Mustafa Bintara Tinggi Urusan Dinas Dalam (Bati Tuud) Koramil 01/Blang Pidie.

Penggerek Bendera Serda Disfahudin, Serda Suhardi dan Koptu Darwanto, Pembaca Pembukaan UUD 1945 Sertu Kasido, Pengucap Sapta Marga, Serda Zulhadi, pembacaan Do’a Serka Jumahir Sinaga, sekaligus bertindak sebagai pembawa acara, dan untuk peserta dalam kegiatan Upacara Kesadaran Nasional tersebut adalah seluruh Anggota Kodim 0110/Abdya.

Amanat Komandan Korem 012/TU Kolonel Inf Djon Afriandi, S.I.P., MS.DA yang dibacakan oleh Dandim 010/Abdya." Pertama - tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas segala rahmat dan karunia-Nya lah, setelah masa pandemi Covid-19 yang melanda secara global di seluruh Dunia termasuk di Indonesia, pada hari ini tgl 17 maret 2021 kita dapat melaksanakan kembali upacara bendera.

Penanganan pandemi Covid-19 ini belumlah selesai. Kita masih terus berjuang untuk mengatasinya secara tuntas, namun norma kehidupan kita selaku warga negara dan Prajurit TNI-AD haruslah tetap berjalan dengan adaptif, seperti contohnya pelaksanaan upacara-pengibaran bendera pagi ini yang merupakan cerminan dan wujud rasa bangga serta penghormatan terhadap lambang kedaulatan Negara, kita laksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku," ujarnya.

Semakin berat serta kompleks. krisis kesehatan akibat Covid-19 masih butuh waktu dan upaya yang keras untuk mencapai kondisi herd immunity atau kekebalan tubuh terhadap suatu virus pada sekelompok besar manusia di suatu lokasi/tempat. oleh karena itu selain kita turut mensukseskan secara langsung tahapan program vaksinasi yang sedang Dijalankan oleh pemerintah, kita juga tetap dituntut untuk terus menjadi teladan dan pendorong penerapan protokol kesehatan yang benar, dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, serta mencuri tangan dengan sabun dalam setiap pelaksanaan tugas maupun interaksi sosial serta kehidupan kita sehari-hari," sambungnya.

"Dinamika perubahan cuaca akhirakhir ini juga, menjadi salah satu tantangan yang harus kita hadapi. Hujan lebat disertai angin kencang serta suhu panas daratan yang tinggi dan tidak menentu, menjadi penyebab terjadinya beberapa bencana alam berupa banjir, angin puting beliung serta kebakaran, baik itu kebakaran gedung atau perumahan, maupun hutan ataupun lahan. hal ini memungkinkan timbulnya korban jiwa serta kerugian yang lebih besar bila kita tidak tepat dan tanggap dalam mencegah serta menanganinya. Oleh karena itu mari terus kita waspadai dan antisipasi agar kita beserta keluarga tidak menjadi korban dari bencana tersebut, dan kita juga sebagai prajurit TNI-AD selalu siap setiap saat bila dibutuhkan dalam perbantuan penanganan bencana di wilayah kita ini," katanya.

"Sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas kita ke depan.
Pertama. Tingkatkan keimanan dan ketaowaan sebagai benteng serta landasan utama dalam setiap pelaksanaan amanah tugas yang kita kerjakan.
Kedua. Hindari perbuatan pelanggaran apapun yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga serta satuan kita, khususnya pelanggaran penyalahgunaan narkoba, perjudian, disersi, dan asusila.
Ketiga. Jaga kesehatan dengan cara olahraga, makan dan istirahat yang cukup secara rutin serta teratur guna meningkatkan imun tubuh kita.

Keempat. Jerus pelihara dan ciptakan suasana kerja yang harmonis antara bawahan dan atasan, sehingga mampu memotivasi etos kerja dalam mendukung terwujudnya prajurit kodam iskandar muda yang profesional, responsif dan adaptif serta selalu berpedoman pada sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI," tutupnya.

Pantauan, Kegiatan Upacara Hari Kesadaran Nasional yang diselenggarakan Kodim 0110/Abdya tersebut dilaksanakan dengan penerapan Protokol kesehatan Covid 19.

Setelah selesai melaksanakan Upacara Komandan Kodim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo berserta seluruh Anggota Kodim melaksanakan senam sebelum bekerja. Hal tersebut dilakukan guna untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas bagi seluruh anggota Kodim 0110/Abdya.

Rubrik:Kodam IM