Breaking News

Kepala SKPK di Aceh Singkil, Diduga Banyak Yang Belum Lakukan Vaksinasi Covid-19

Kepala SKPK di Aceh Singkil, Diduga Banyak Yang Belum Lakukan Vaksinasi Covid-19
ASN dan Tenaga Honorer saat Lakukan Vaksinasi Covid-19 di Kantor Bupati Aceh Singkil, Senin 15/11/2021 (Zulkarnain/ACEHPORTAL.com)

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) di Aceh Singkil diduga banyak yang belum melakukan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019  (Covid-19).

Saat ini Pemerintah gencar melakukan gerakan Vaksinasi bukan hanya di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) bahkan sampai ke masyarakat dihimbau agar melakukan vaksinasi agar terhindar dari bahaya virus Disease corona.

Namun di Aceh Singkil informasi yang diperoleh bahwa pengayom masyarakat sekaligus pengayom staf dilingkungan Dinas nya, diduga banyak Kepala SKPK belum melakukan Vaksinasi

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Muhamad Raja Maringin mengatakan terkait data Kepala SKPK yang belum vaksin.

"Coba tanya dulu ke Sekdakab, mungkin ada datanya siapa-siapa kepala SKPK yang sudah melakukan Vaksinasi dan siapa yang belum, karena data yang masuk ke kami untuk ASN dan Tenaga Honorer di masing-masing instansi tidak ada keterangan, hanya menyebutkan ASN dan Tenaga Honorer," kata Maringin, Senin (15/11/2021).

Kemudian dikonfirmasi, Asisten I Aceh Singkil, Junaidi mengatakan terkait dengan data berapa Kadis yang belum melakukan Vaksinasi.

"Datanya tidak ada sama saya, coba dulu konfirmasi kepada Pak Sekda, mana tau datanya ada sama Pak Sekda," sebut Junaidi.

Selanjutnya, dikonfirmasi Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Singkil, Azmi mengakui bahwa kepala Dinas ada yang belum melakukan Vaksinasi

"Tapi belum bisa saya pastikan, coba tanya dulu kepala Dinas Kesehatan siapa Kepala Dinas yang sampai saat ini belum melakukan Vaksinasi, ada sekitar satu atau dua orang kalau saya tidak salah, tanya kepala Dinas Kesehatan, karena kepala Dinas nya yang paling penting di Vaksinasi," kata Azmi.

Saat dikonfirmasi Kadis Kesehatan Aceh Singkil, Subarsono mengatakan mungkin sebagian berkeyakinan dengan informasi hoax sehingga enggan melakukan Vaksinasi.

"Tidak mungkin Pemerintah itu berniat untuk menjerumuskan rakyatnya, dan contoh hari ini tadi tepatnya di Kantor Bupati Pak Kadis Pendidikan telah melakukan Vaksinasi tahap pertama," kata Subarsono

Subarsono juga berharap kepada ASN dan Tenaga Honorer yang belum melakukan Vaksinasi agar melakukannya.

"Agar kita semua terhindar dari varian Covid-19, dan cobalah sayang dengan saudara-saudara kita, masa depan kita, dan yang kita takutkan berikutnya terjadi klaster baru, yakinlah kalau sempat terjadi ekonomi kita ambruk," pungkas Subarsono.

Berikut data dari Dinas Kesehatan Kepala Dinas yang telah melakukan Vaksinasi, Kepala Dinas Kesehatan (Sudah Vaksin), Kepala Dinas KESBANGPOL (Sudah Vaksin), Kepala Dinas Keuangan (Sudah Vaksin), Kepala Dinas Pendidikan (Sudah Vaksin), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Sudah Vaksin), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan (Sudah Vaksin), Kepala Dinas BPBD (Sudah Vaksin), Kepala Inspektur Inspektorat (Sudah Vaksin), Kepala Dinas Pertanahan ( Sudah Vaksin), Kepala Dinas Pariwisata (Sudah Vaksin), Kepala Dinas Sosial (Sudah Vaksin), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (Sudah Vaksin), Kepala RSUD Aceh Singkil (Sudah Vaksin).

Sementara, dua Kepala Dinas belum melakukan Vaksinasi dikarenakan karena sakit, yaitu Kepala Dinas Satpol-PP dan WH dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi

Kemudian, Kepala Dinas yang tidak membuat keterangan berdasarkan ABSENSI yang telah dimasukkan ke Tim Gugus Covid-19 di Dinas Kesehatan, yaitu keterangan sudah di vaksin atau belum di vaksin sebagai berikut, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Syariat Islam, Kepala BAPPEDA, Kepala Badan Kepegawaian dan SDM, Kepala Badan Baitul Mal, Kepala Majelis Permusyawatan Ulama, MAA, MPD dan MPU.

Selanjutnya, SKPK yang yang belum menyerahkan ABSENSI, yaitu Sekretariat DPRK, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, BAPPEDA, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, RSUD, MAA, MPD, MPU, Badan Baitul Mal.

Kecamatan Pulau Banyak, Kecamatan Simpang Kanan, Kecamatan Gunung Meriah, Kecamatan Danau Paris, Kecamatan Suro, Kecamatan Singkohor, Kecamatan Kuala Baru, dan Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Editor:
Rubrik:Kesehatan