Breaking News

Kepala BI Aceh Hadiri Panen Bawang Merah Organik di SMK PP Negeri Saree

Kepala BI Aceh Hadiri Panen Bawang Merah Organik di SMK PP Negeri Saree
Panen Bawang Merah Organik di SMK PP Negeri Saree. (Ist)

JANTHO, ACEHPORTAL.com - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Aceh, Achris Sarwani bersama stakeholders terkait menghadiri panen bersama komoditas bawang merah demplot pertanian terpadu klaster ketahanan pangan menggunakan teknologi dekomposer MA-11 di SMK PP Negeri Saree, Kamis (17/6/2021).

Panen bawang merah dilakukan pada usia 60 hari, dimana tanam bawang merah dilakukan pada 17 April 2021 dan panen hari ini di lahan lebih kurang 2.000 m2 menghasilkan panen 10 hingga 12 ton per hektar.

Sebagai informasi, selama masa tanam,  lahan ini sempat dua kali direndam banjir karena hujan intensitas tinggi, namun bawang merah tetap bertahan dan panen dengan hasil yg baik. Selain itu, lahan tanam juga merupakan lahan baru yg kondisi tanahnya sdh tidak subur.

Achris Sarwani mengharapkan, demplot SMK PP Negeri Saree dapat menjadi contoh bagi petani dan sebagai pusat pelatihan organik.

Selain itu, dirinya juga berharap kehadiran toko organik yang menjual pupuk organik dan hasil tanaman organik.

"Kepada Bank Aceh Syariah juga diharapkan pada saatnya dapat membantu petani dalam pembiayaan untuk meningkatkan bisnis pertanian dan pendapatan," ujar Kepala BI Aceh.

Dalam kegiatan itu turut hadir perwakilan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, DPMG Aceh, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian beserta yang lainnya.