Breaking News

Kemenag Umumkan Juara Kompetensi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten/Kota

Kemenag Umumkan Juara Kompetensi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten/Kota
Kemenag Umumkan Juara Kompetensi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten/Kota. (Ist)

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Kementerian Agama telah mengumumkan daftar juara Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten/Kota, Sabtu (28/8/2021).

Pengumuman juara diumumkan melalui laman resmi  https://ksm.kemenag go.id.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Iqbal mengapresiasi para pemenang dalam kompetisi tahunan ini.

Ia mengatakan, juara 1, 2 dan 3 di tingkat kabupaten/kota berhak mengikuti KSM Tingkat Provinsi Aceh yang akan dilaksanakan pada 18 hingga 20 September 2021 nanti.

"Kami ucapkan selamat kepada para juara dan persiapkan diri untuk kompetisi selanjutnya di tingkat provinsi," katanya.

Iqbal mengatakan, kartu peserta dan petunjuk pelaksanaan KSM tingkat provinsi dapat diunduh pada tanggal 10 September 2021. 

Kemudian, pihak madrasah/sekolah dapat login menggunakan akun madrasah/sekolah untuk melihat rincian skor dan mengunduh sertifikat juara dan sertifikat peserta KSM Tingkat Kabupaten/Kota.

"Informasi lebih lanjut akan diumumkan melalui website KSM, jangan sampai ketinggalan informasi. Madrasah juga mempersiapkan untuk di tingkat provinsi yang mana nantinya para juara di tingkat provinsi akan kembali berlomba di tingkat nasional," kata Iqbal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Mukhlis menjelaskan, KSM adalah kompetisi bergengsi yang diselenggerakan Kementerian Agama setiap tahunnya.

Ajang kompetisi sains ini diikuti madrasah dan sekolah jenjang MI/SD, MTs/SMP, dan MAN/SMA.

Untuk tingkat MI yang dilombakan meliputi bidang studi Matematika dan IPA. Kemudian, MTs sederajat meliputi bidang studi Matematika, IPA dan IPS. 

Jenjang MA sederajat meliputi bidang studi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, dan Ekonomi.

Dijelaskannya, pada tahun ini jumlah peserta yang mendaftar KSM di Provinsi Aceh mencapai 3.145 siswa dari berbagai madrasah dan sekolah dari 23 kabupaten/kota dan menduduki posisi 6 secara nasional peserta terbanyak.

Sementara itu, jumlah peserta yang akan mengikuti KSM Provinsi, berjumlah 759 siswa yang terdiri dari, MI sederajat sebanyak 138 siswa, MTs sederajat berjumlah 207 siswa, dan MA sederajat berjumlah 414 siswa.

"Tahun lalu kita berada di posisi 9, nah tahun ini harus masuk 3 besar, Insya Allah target ini bisa tercapai. Kita yakin  kemampuan peserta didik kita tidak kalah dengan daerah lainnya," kata Mukhlis.