Breaking News

Hari Bhakti Adhyaksa ke 61 dan HUT IAD XXI

Kejagung RI Bagikan Ribuan Paket Sembako

Kejagung RI Bagikan Ribuan Paket Sembako
Kejagung RI Bagikan Ribuan Paket Sembako. (Ist)

JAKARTA, ACEHPORTAL.com - Jaksa Agung Muda Intelijen, Sunarta atas nama Jaksa Agung Republik Indonesia membuka kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61 Tahun 2021 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) XXI Tahun 2021 dan memulai start pemberangkatan rangkaian mobil sembako sebanyak 4500 paket yang diangkut dengan menggunakan tiga unit mobil box di lapangan depan Sasana Pradata Kejaksaan Agung, Selasa (13/7/2021).

Hadir mendampingi Jaksa Agung Muda Intelijen antara lain Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara, Feri Wibisono, Sekretaris Jaksa Agung Muda Pembinaan, Sartono, Sekretaris Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Raja Nafrizal, Sekretaris Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Jaya Kesuma, Plt Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen, Elly Syahputra, Ketua Panitia Baksos, Nanang Sigit Yulianto yang juga Inspektur V pada JAM Pengawasan dan beberapa pejabat Eselon II di Kejaksaan Agung serta Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Pusat yang diwakili oleh Ketua IAD Bidang JAM Intel, Iis Sunarta beserta jajaran pengurusnya.

Hadir secara luar jaringan (luring) para Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri beserta jajaran yang melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka HBA ke-61 Tahun 2021 secara serentak dari seluruh wilayah Indonesia.

Jaksa Agung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Jaksa Agung Muda Inteljen menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan Bhakti Sosial ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Apresiasi Jaksa Agung juga disampaikan kepada IAD Pusat atas kontribusi luar biasa yang diberikan untuk menyelenggarakan acara ini.

"Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur seluruh insan Adhyaksa dan IAD kepada Sang Pencipta atas nikmat dan rizki yang kita terima serta sebagai simbol harapan kepada masyarakat untuk tetap bersemangat pada masa yang kurang bersahabat, ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk saling membantu dan saling peduli," ujarnya.

Ia menjelaskan, pandemi Covid-19 yang belum mereda menimbulkan keprihatinan dan rasa empati di hati kita semua. Banyak orang disekitar yang mengalami cobaan dan tidak sedikit juga yang mengalami kesulitan. 

Melihat kondisi seperti itu, jiwa Adhyaksa kita sebagai sesama manusia terpanggil untuk menolong dan merangkul sesama manusia yang sedang dirundung ujian. Kepekaan yang terbangun dapat memberikan energi positif tersendiri bagi mereka yang sedang melewati kesusahan. 

Suatu konsep kebersamaan harus dibangun pada diri kita sekalian karena hanya dengan kekompakan, kesadaran bersama dan kedisplinan tinggi maka Insya Allah bangsa kita akan segera terbebas dari belenggu wabah Covid-19.

"Semoga pembagian bantuan sembako yang tidak seberapa ini (sebanyak 4500 paket) dapat memberikan rasa kebahagiaan pada mereka yang menerima dan membutuhkan," katanya.

Jaksa Agung berharap, semangat berbagi menjadi sebuah kebiasaan yang positif bagi kita semua yang tidak terbatas hanya pada momen tertentu. Kebiasaan baik tersebut dapat dimulai dari diri kita sendiri dan lingkungan terdekat, sekecil apapun pasti dapat memberikan manfaat dalam membangun kehidupan yang lebih baik.

Selanjutnya, Jaksa Agung Muda Intelijen menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada dua Panti Asuhan, perwakilan dari pegawai, Kamdal, Walsus, Waljaga, Pramu Bhakti dan pensiunan atau Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) dan memberangkatkan tiga rangkaian mobil sembako dengan mengibarkan bendera start menuju ke 75 Rukun Warga (RW) di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Sebelumnya, Ketua Panitia Bhakti Sosial, Nanang Sigit Yulianto melaporkan, kegiatan pembagian sembako kali ini merupakan rangkaian kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka memperingati HBA ke-61 Tahun 2021.

Dimana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 untuk umur 12 tahun ketas bagi pegawai dan keluarga Adhyaksa serta masyarakat umum se Jabodetabek yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 12 Juli 2021 dengan hasil 2.108 orang berhasil divaksin untuk vaksinasi tahap pertama dan akan disusul dengan vaksinasi tahap kedua pada tanggal 7 hingga 9 Agustus 2021.

Bhakti Sosial lainnya berupa Anjangsana kepada sesepuh keluarga besar Adhyaksa akan dilaksanakan kemudian dengan melihat situasi kondisi dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mengingat situasi kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Bhakti Sosial pembagian sembako ini, terdiri dari 2500 paket yang dibagikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di 75 RW (Rukun Warga) di seluruh wilayah Jakarta, 1000 paket dibagikan kepada pegawai golongan II, honorer, pramu bhakti, marbot dan security di Kejaksaan Agung dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksan RI dan 1000 paket dibagikan oleh IAD Pusat kepada tiga Panti Asuhan di Jakarta dan Banten.

Acara Bhakti Sosial, yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HBA ke-61 Tahun 2021 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) XXI Tahun 2021 di Kejaksaan Agung, dilaksanakan dengan mematuhi dan memenuhi protokol kesehatan secara ketat, antara lain dengan menerapkan protokol 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun dan/atau hand sanitizer. (*)

Editor:
Rubrik:Nasional