Breaking News

Kapolres Galus Periksa Senpi Personel dan Kelengkapannya

Kapolres Galus Periksa Senpi Personel dan Kelengkapannya(Dok. Humas Polres Gayo Lues)
Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra Bustamam didampingi Wakapolres, Kabaglog dan Propam mengecek senjata api organik Polri yang digunakan personelnya di Lapangan Apel Mapolres Galus, Kamis (4/11/2021) kemarin. .

BLANGKEJEREN, ACEHPORTAL.com - Dalam rangka mengawasi penggunaan senjata api personel, Polres Gayo Lues melakukan pengecekan senjata api organik Polri, Kamis (4/11/2021) kemarin.

Pengecekan dilakukan di Lapangan Apel Mapolres Gayo Lues oleh Kapolres, AKBP Carlie Syahputra Bustamam didampingi Wakapolres, Kabaglog dan Propam.

Pengecekan meliputi kebersihan dan kelayakan senjata api serta kelengkapan administrasi seperti kartu lulus Psikologi, Kartu Izin Pemegang Senjata Api (Senpi) dan lainya.

Sebanyak 137 pucuk senpi laras panjang dan pendek (pistol) diperiksa yang diketahui dalam keadaan aman, baik dan memiliki kelengkapan administrasi.

Untuk pistol, sebanyak 47 pucuk diantaranya dipegang oleh personel yang sudah memenuhi syarat dan dalam keadaan baik.

Namun, ada sepucuk pistol yang ditarik dari anggota karena sudah tak lagi berdinas di bidang operasional yang dinilai membutuhkan senpi.

Kapolres Gayo Lues menyampaikan, sebagai pimpinan, salah satu tugasnya adalah di bidang pengawasan terutama pada penggunaan senjata api yang harus diperhatikan lebih guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

"Hanya ada sepucuk yang ditarik dari anggota dikarenakan yang bersangkutan sudah tidak berdinas di fungsi operasional yang dinilai perlu menggunakan senpi," ungkap Kapolres.

"Dari kegiatan ini saya selaku Kapolres berpesan agar anggota selalu mempedomani Perkap (Peraturan Kapolri) dan aturan perundangan yang berlaku dalam penggunaan senpi dan dalam mengambil diskresi," katanya.

"Kami juga memperingatkan akan menindak tegas untuk segala bentuk penyalahgunaan senpi," tutup Kapolres Galus, AKBP Carlie Syahputra Bustamam.

Editor:
Rubrik:Daerah