Kalaborasi Tiga Syech Seudati Meriahkan Festival Seudati Kabupaten Bireuen

Kalaborasi Tiga Syech Seudati Meriahkan Festival Seudati Kabupaten Bireuen

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Tiga Syech tari Seudati yang juga merupakan dewan juri ikut memeriahkan Festival Seudati Kabupaten Bireuen 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, di Gedung Taman Seni dan Budaya Aceh.

Mereka tampil dalam acara penutupan festival tersebut pada Sabtu (27/3/2021) malam. Kalobarasi tiga Syech Seudati dan Aneuk Syahi A Bakar. AR itu masing-masing yaitu Syech Dhan Geunta, Syech Muliadi Gandapura dan Syech Ketek Teu Glek Glek. Mereka juga merupakan anak didik sang maestro Seudati Syech La Geunta.

Penampilan mereka juga mampu menghipnotis para tamu undangan yang hadir langsung, maupun penonton yang menyaksikan secara daring melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh.

Festival ini mengangkat tema 'Karya Indatue Pulang Keu Cucoe', yang bermaksud untuk mewariskan agar generasi millenial Aceh tidak lupa bahwa karya indatu yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia masih eksis hingga saat ini.

Kabid Bahasa dan Seni Disbuspar Aceh, Nurlaila Hamjah, mengatakan, kalaborasi Tiga Syech Seudati ini merupakan penampilan yang luar biasa. Sudah sepatutnya, kata dia, generasi millenial mengambil peran untuk melestarikan karya leluhur tersebut.

"Penampilan kalaborasi Tiga Syech Tari Seudati ini sangat luar biasa, ini menunjukkan bahwa karya indatu ini masih terjaga hingga saat ini," kata Nurlaila dalam kegiatan penutupan Festival Tari Seudati, Kabupaten Bireuen.

Ia juga menyebutkan, meskipun pandemi Covid-19 belum mereda, tapi pihaknya tetap akan membuat wadah untuk para seniman agar bisa terus berkarya lewat festival-festival yang akan digelar ke depan.

Selain penampilan kalaborasi tiga Syech tersebut, pada kegiatan penutupan festival itu juga menampilkan Sanggar PB Himpunan Mahasiswa Bireuen, Sanggar Raja Jeumpa Bireuen, Meusahoe Community, Juang Art Community, Sanggar Panteu Atjeh dan penampilan The Budhi.

Festival ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Disbudpar Aceh. Dan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak dan memakai masker.

Rubrik:Pariwisata
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI