Jembatan Layang Objek Wisata Tapak Tuan Tapa Rusak Parah, Pemerintah Diminta Segera Tanggulangi

Jembatan Layang Objek Wisata Tapak Tuan Tapa Rusak Parah, Pemerintah Diminta Segera Tanggulangi(ACEHPORTAL.com/Safdar S)
Kondisi jembatan layang menuju objek wisata Tapak Tuan Tapa di Tapaktuan yang sudah rusak dan membahayakan pengunjung.

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Jembatan layang menuju objek wisata Tapak Tuan Tapa di Gunung Lampu kawasan Gampong Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan semakin rusak parah dan membahayakan pengunjung.

Kondisi ini menjadi sorotan LSM LIBAS dan meminta Dinas Pariwisata Aceh Selatan segera mengambil sikap untuk mengantisipasi terjadinya jatuh korban di objek wisata tersebut.

"Dinas Pariwisata terkesan mengabaikan kerusakan jalan layang di objek wisata Tapak Tuan Tapa di Gunung Lampu, kerusakan lantai jalan layang ini sudah berlangsung lama, namun sejauh ini belum mendapat perhatian serius dari Dinas Pariwisata Aceh Selatan," ucap Koordinator LSM LIBAS, Mayfendri kepada ACEHPORTAL.com, Selasa (3/8/2021).

Mayfendri mengatakan, papan-papan lantai yang sudah lapuk dan bentuknya yang sudah compang camping telah memperburuk pemandangan di objek wisata legenda itu.

Bahkan, tak sedikit pengunjung mengaku kecewa karena tidak bisa melintasi jalan layang untuk melihat tapak raksasa yang fenomenal dan ikonik objek wisata tersebut.

"Kondisi jalan layang itu sudah berlubang-lubang dan sebagian lainnya sudah lapuk, setidaknya perlu dilakukan perbaikan rehap sementara untuk mengantisipasi jatuhnya korban," ucapnya.

Mayfendri menambahkan, perbaikan bersifat sementara tersebut bisa saja melalui dana tanggap darurat BPBD Aceh Selatan, mengingat saat ini jumlah pengunjung semakin meningkat di objek wisata tersebut.

"Jika Dinas Pariwisata tidak ada anggaran bisa dari dana tanggap darurat BPBD, karena ini menyangkut keselamatan pengunjung," tutupnya.