Breaking News

Jaringan Irigasi Sayap Kanan di Gampong Seunaloh Abdya Ambruk

Jaringan Irigasi Sayap Kanan di Gampong Seunaloh Abdya Ambruk(Salman/ACEHPORTAL.com)
Muhammad Isa, Keuchik Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Abdya menunjukkan salah satu bangunan jaringan irigasi di gampong setempat yang sudah ambruk.

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Bangunan saluran jaringan irigasi sayap kanan yang berada di Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, ambruk.

Hal itu disampaikan oleh Pj Keuchik Gampong Seunaloh, Muhammad Isa kepada ACEHPORTAL.com, Sabtu (25/9/2021) di Blangpidie. 

"Beton saluran irigasi sayap kanan dari aliran bendungan Krueng Susoh yang ada di gampong Seunaloh sudah ambruk," katanya.

M. Isa, menjelaskan akibat ambruknya bangunan saluran irigasi tersebut mengakibatkan terjadinya pemyempitan badan saluran.

Selan itu, material yang terbawa arus aliran air sungai juga tertahan dan tersangkut dalam saluran karena beton irigasi sudah menyempit.

"Kita khawatirkan jika debit airnya tinggi dari atas maka, akan berdampak air akan meluap ke pemukiman perumahan warga," ungkapnya.

Ia mengatakan, bangunan saluran jaringan irigasi itu dibangun oleh pemerintah provinsi sekitar 20 tahun yang lalu bersumber dari anggaran APBA.

Saluran irigasi tersebut mengalirkan air yang bersumber dari Krueng Susoh, dan mengairi beberapa wilayah gampong yakni, Gampong Panton Raya, Seunaloh, Guhang, Lhung Asan, Ladang Neubok, Cot Mane, Lhung Tarok, Asoe Nanggroe dan Gampong Cot Jeurat.

"Air dari saluran irigasi ini sangat penting, karena dimanfaatkan oleh para petani untuk persawahan, dan kebutuhan warga untuk mandi, mencuci dan lainnya," jelasnya.

Oleh karena itu, M. Isa dan warga sangat mengharapkan, agar pemerintah dapat segera mengatasi persoalan itu.

"Kami memohon kepada pemerintah provinsi agar segera menangani masalah robohnya bangunan saluran irigasi ini. Jika tidak, maka akan mengalami kebanjiran, sebab apabila intensitas hujan tinggi air akan naik ke rumah warga," pintanya.

Editor:
Rubrik:Daerah