Jadi Pembina Upacara di SMKN 1 Pasie Raja, Direktur Poltas Jelaskan Manfaat Pendidikan Vokasi

Jadi Pembina Upacara di SMKN 1 Pasie Raja, Direktur Poltas Jelaskan Manfaat Pendidikan Vokasi
Direktur Poltas saat menjadi irup di SMKN 1 Pasie Raja, Senin (23/8/2021). (Ist)

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Direktur Politeknik Aceh Selatan, Muhammad Yasar mendapat kehormatan menjadi pembina upacara di Sekolah SMKN 1 Pasie Raja Aceh Selatan (23/08/2021). 

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Yuli Sabarina mengatakan, Yasar merupakan alumni sekolah kejuruan tersebut dan perdana menjadi apel upacara dan terus berusaha melibatkan para alumni dengan tujuan meningkatkan motivasi para siswa. 

Dalam amanatnya, Yasar yang merupakan alumnus angkatan pertama di sekolah tersebut mengatakan, walaupun tujuan pendidikan bukan semata-mata untuk menyiapkan tenaga kerja terampil tetapi yang dimaknai secara umum memanglah demikian. 

"Disinilah letak keunggulan bagi kita yang menuntut ilmu di bidang vokasi, kita memiliki skill yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja dan berusaha," ujarnya di hadapan para siswa-siswi SMKN 1 Pasie Raja.

Ia melanjutkan, kehadiran SMK bidang pertanian harusnya menjadi pendorong kemajuan bagi daerah yang memiliki potensi agraris menjanjikan tersebut. Untuk itu, sistem pertanian harus diubah dari yang selama ini bersifat subsistem menjadi agribisnis. 

"Yakinlah dengan masa depan kita, karena profesi ini akan tetap diperlukan hingga kiamat dunia. Idealnya tidak akan ada alumni SMK pertanian yang jadi pengangguran," kata Yasar. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Perkumpulan Alumni SMKN 1 Pasie Raja (Palosta), Yasar yang juga berprofesi sebagai Dosen Tetap Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala menyerahkan sebuah buku yang ditulisnya dengan judul Agrotechnopreneurship, Kewirausahaan di Bidang Keteknikan Pertanian.

Buku itu diserahkan sebagai cinderamata untuk menambah koleksi perpustakaan sekolah dan diterima langsung oleh Kepala SMK N 1 Pasie Raja, Alimin.

Turut hadir dalam upacara bendera tersebut Wakil Direktur 1 Politeknik Aceh Selatan Herry Setiawan, Kabag Umum dan Humas Hasbaini.