Breaking News

Ini Kata Wabup Gayo Lues Said Soal Iklim

Ini Kata Wabup Gayo Lues Said Soal Iklim

BLANGKEJEREN, ACEHPORTAL.com - Wakil Bupati Gayo Lues, Said Sani menilai kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sangat penting bagi petani di Gayo Lues.

“SLI digelar dalam rangka swasembada pangan dan ketahanan pangan,” kata Wabup, Selasa (23/3/2021) saat membuka Sekolah Lapang Iklim Operasional Gayo Lues Aceh, di Balai Pendopo Bupati setempat.

Dikatakannya, SLI penting bagi petani di Gayo Lues dalam mengantisipasi dampak musim hujan maupun kemarau.

Dengan demikian, kata dia, petani akan dapat mengantisipasi penyebab terjadinya kegagalan panen. Dan masyarakat tidak perlu takut kekurangan beras.

“Untuk itu harapan kami, agar pelaksanaan SLI ini dapat berjalan dengan baik dan petani tetap bisa beraktivitas dan mampu meningkatkan ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19,” ujar Wakil Bupati.

Sekali lagi, Wakil Bupati memberikan apresiasi kepada BMKG yang telah melaksanakan kegiatan SLI ini dengan memilih Gayo Lues sebagai salah satu tempat penyelenggaraannya.

Sementara, Wahyudin selaku panitia menyampaikan, Gayo Lues merupakan wilayah yang sangat strategi di sektor pertanian dan perkebunan. Dimana, banyak komoditi unggulan seperti sere wangi dan pisang.

Dijelaskannya, tujuan Sekolah Lapang Iklim Operasional adalah meningkatkan pemahaman peserta terhadap informasi iklim dan meningkatkan pemahaman peserta dalam memanfaatkan informasi iklim serta adaptasi iklim dengan meningkatkan produktifitas hasil perkebunan dan pertanian.

Yang terakhir, kata dia, menjadikan informasi iklim menjadi salah satu faktor dalam membuat keputusan terutama untuk kegiatan sektor pertanian dan perkebunan.

Sementara itu, Anggota DPR RI Dapil Aceh I, Irmawan mengatakan, hanya sektor pertanian yang mampu menyelamatkan kondisi perekonomian. Apalagi, mengingat adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan luluh lantaknya segala aspek kehidupan.

Sektor pertanian, lanjut dia, memberikan kontribusi positif untuk menyelamatkan perekonomian di Indonesia. Dalam hal ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah akan terus memprioritaskan sektor pertanian.

"Oleh sebab itu, Sekolah Iklim merupakan salah satu bentuk ikhtiar dan langkah kecil yang dilakukan oleh pemerintah agar pertumbuhan ekonomi di Gayo Lues khususnya, lebih baik dari sebelumnya," pungkas Irmawan.

Rubrik:Daerah, Umum