Breaking News

Ingin Tau Berapa Besar Dana Desa di Desa Anda? Begini Caranya

Ingin Tau Berapa Besar Dana Desa di Desa Anda? Begini Caranya
Ilustrasi THR. (via: istimewa)

Blangpidie, Acehportal.com - Sebagai warga negara anda berhak untuk mendapatkan informasi terkait pengelolaan anggaran dana desa (DD) di desa atau gampong anda berdomisili.

Anda juga memiliki hak untuk mengetahui berapa sih jumlah alokasi dana desa (DD) yang sudah disalurkan pemerintah pusat untuk desa anda?

Tentunya semua itu ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang sudah disusun pemerintah desa setiap tahunnya.

Namun, pertanyaannya lagi apakah anda sudah tau berapa persis berapa jumlah total dana desa yang telah digunakan setiap tahunnya oleh pemerintah desa anda?

Terkait hal itu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI telah membuat sebuah aplikasi yang disebut dengan Sistem Informasi Desa (SID).

Aplikasi SID itu sangat mudah diakses melalui hp android yang anda miliki.

Tujuan aplikasi itu untuk mewujudkan transparansi anggaran dana desa kepada publik atau masyarakat sesuai dengan amanah undang-undang.

Selama ini masyarakat hanya mengakses informasi keuangan desa itu pada baliho-baliho sosialisasi APBDes saja atau mungkin barang kali di papan informasi desa.

Transparansi pengelolaan anggaran dana desa itu sudah dipertegas Kemendes PDTT melalui Peraturan Menteri Desa Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Namun, dengan adanya aplikasi ini sangat gampang sekali bagi anda untuk melihat secara menyeluruh pagu keuangan dana desa yang ingin diketahui mulai dari tahun 2016 hingga 2020.

Aplikasi SID ini dapat menelusuri informasi secara detail data mengenai anggaran baik pagu, pendapatan hingga penggunaan dana desa itu sendiri.

Menu yang tersedia dalam aplikasi tersebut meliputi; Deskripsi desa, Rekomendasi, upaya dan pencapaian SDGs (Millennium Development Goals); Dana Desa; APBDes; BUMDES.

Dan bahkan yang sangat menarik, dengan aplikasi itu anda sendiri bisa melihat siapa saja nama-nama keluarga penerima manfaat (KPM) BLT Dana Desa di desa Anda.

Untuk mengetahui informasi tersebut, yuk klik website sid.kemendesa.go.id. maka akan terbuka halaman Sistem Informasi Desa.

Kemudian, anda tinggal memilih desa anda berdasarkan Provinsi, kabupaten, hingga kecamatan anda domisili. Artinya sesuai informasi desa yang Anda kehendaki.

Hasil penelusuran anda dalam situs aplikasi tersebut akan memberikan sedetail informasi terkait desa yang anda butuhkan.

Rubrik:Daerah, Umum