IMM Abdya Desak BPN Segera Bagikan Tanah Eks PT. CA untuk Masyarakat

IMM Abdya Desak BPN Segera Bagikan Tanah Eks PT. CA untuk Masyarakat
Sekretaris Umum PC IMM Abdya, Riko Juanda

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC-IMM) Aceh Barat Daya (Abdya) mendesak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten setempat untuk segera membagikan tanah eks Hak Guna Usaha (HGU) PT. Cemerlang Abadi (CA) kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum IMM Abdya, Abdul Janan melalui Sekretaris Umum, Riko Juanda, kepada ACEHPORTAL.com, Kamis (7/10/2021) di Blangpidie.

"Pasca terbitnya putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak gugatan PT. CA pada 28 September 2020 lalu, maka secara otomatis menyetujui SK Nomor: 25/HGU/KEM-ATR/BPN/III/2019 Tanggal 29 Maret 2019," ujar Riko.

Riko menyebutkan, dalam SK itu berisikan persetujuan perpanjangan izin HGU PT. CA atas tanah seluas 2.002 hektare ditambah 960 hektare untuk pengembangan petani Plasma.

"Itu artinya, dari tanah seluas 4.864,88 Hektare yang diajukan perpanjangan HGU PT. CA, masih ada usulan perpanjangan HGU yang tidak diperpanjang atas lahan seluas 1.902,66 Hektare," ungkapnya.

Maka dari itu, lanjut Riko. Pihaknya atas nama PC. IMM Abdya, mendesak BPN Abdya secepatnya untuk membagikan tanah tersebut kepada masyarakat Abdya.

Ia bahkan mengatakan, langkah-langkah yang diambil oleh BPN, Pemerintah, dan Forkopimkab Abdya sudah sangat tepat.

Konon lagi, ujar Riko, Bupati Akmal Ibrahim, SH dan anggota Forkopimkab Abdya lainya sudah menggelar pertemuan dengan Kepala BPKP Perwakilan Aceh, Indra Khaira Jaya dan perwakilan dari Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh.

"Sudah sangat tepat perihal persoalan eks HGU PT. CA yang terletak di Gampong Cot Seumantok, Kecamatan Babahrot. Menurut kami, harus secepatnya lahan itu dibagikan kepada masyarakat oleh pihak terkait," tuturnya.

Riko menyarankan, pembagian lahan tersebut harus tepat sasaran, kemudian janji Bupati Akmal kepada Ormas, Masjid, Baitul Mal serta kepada badan dan lembaga lainnya harus ditepati.

"Kita berharap pembagian lahan itu dipercepat. Apalagi Bupati Akmal memiliki niat baik terhadap pembagian lahan tersebut," pungkasnya.

Editor:
Rubrik:News