Gedung Kantor Badan Keuangan Abdya Terbakar

Gedung Kantor Badan Keuangan Abdya Terbakar
Sejumlah petugas pemadam kebakaran dari BPBK Abdya memadamkan api yang melahap ruang lantai dua gedung Kantor Badan Keuangan setempat, Sabtu (20/2/2021). (Ist)

Blangpidie, Acehportal.com - Gedung Kantor Badan Keuangan Aceh Barat Daya (Abdya) yang terletak di Komplek Perkantoran Bukit Hijau, Gampong Kedai Paya, Kecamatan Blangpidie terbakar, Sabtu (20/2/2021) siang.

Informasi yang dihimpun Acehportal.com, peristiwa terbakarnya Kantor Badan Keuangan Abdya itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

"Alhamdulillah, saat ini api sudah berhasil dipadamkan," kata Ketua Relawan Tagana Abdya, Yasri Gusman saat dihubungi Acehportal.com.

Ia menyebutkan, bagian gedung yang terbakar itu merupakan gudang arsip yang berada di lantai satu kantor tersebut.

Untuk memadamkan api, tambah Yasri, pihak BPBK Abdya menurunkan empat unit mobil pemadam kebakaran.

"Selain petugas damkar dari BPBK, tim dari relawan Tagana juga ikut membantu memadamkan api dengan menyemprotkan air ke ruang gudang yang terbakar," katanya.

Ia menuturkan, bagian gedung yang terbakar mengeluarkan kepulan asap yang sangat banyak.

Namun, tambahnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.20 WIB setelah tim dan petugas membobol bangunan bagian depan untuk memudahkan proses pemadaman.

Meskipun demikian, timpal Yasri, ada ribuan arsip dalam ruang tersebut tidak mampu diselamatkan karena selain ada yang terbakar juga ada arsip yang basah terkena siraman air.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Keuangan (BKK) Abdya, Salman menyebutkan, dokumen arsip yang disimpan di ruang tersebut merupakan arsip dari sejak tahun 2019 ke bawah.

"Dalam gudang yang terbakar itu cuma ada arsip-arsip dari tahun 2019 ke bawah," katanya singkat.

Sejauh ini belum diketahui pasti apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Diperoleh informasi, diduga kebakaran disebabkan oleh adanya pembakaran sampah dibelakang gedung tersebut.

Api dari pembakaran sampah itu menjalar membakar rumput yang sudah kering dan akhirnya melahap bagian plafon termasuk AC, kemudian akhirnya membakar ruang gudang yang menyimpan dokumen arsip kantor tersebut.

Rubrik:Peristiwa
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI