Breaking News

Galeri Masjid Raya Baiturrahman dan Warung BKM Masjid Rahmatullah Diresmikan

Galeri Masjid Raya Baiturrahman dan Warung BKM Masjid Rahmatullah Diresmikan

Banda Aceh, Acehportal.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh meresmikan unit usaha Galeri Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dan Waroeng BKM Masjid Rahmatullah Lampuuk Aceh Besar, Rabu (27/1/2021).

Hal ini merupakan tindak lanjut dari program pengembangan ekonomi masjid yang telah dideklarasikan pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu.

Unit usaha Galeri Masjid Raya Baiturrahman diresmikan langsung oleh Kepala Bank Indonesia Aceh, Achris Sarwani didampingi Kepala Baitul Mal Aceh, Nazaruddin A Wahid, Kadis Dinas Syariat Islam Aceh, Alidar, Kepala OJK Aceh, Yusri dan Perwakilan UPTD Masjid Raya Baiturrahman.

Sedangkan peresmian Waroeng BKM Masjid Rahmatullah Lampuuk diresmikan Achris Sarwani didampingi Nazaruddin A Wahid serta Kepala Dinas Pariwisata Aceh Besar, Ridwan Jamil, Imum Mukim Gampong Lampuuk, Hamdan Hasyim dan perangkat gampong setempat.

Kepala Perwakilan BI Aceh menyampaikan, Bank Indonesia sangat concern terhadap pengembangan ekonomi yang berbasis pesantren maupun masjid dikarenakan tiga poin penting.

Pertama, ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia merupakan sebuah solusi bagi Indonesia yang memiliki penduduk muslim yang besar, secara khusus di Aceh ekonomi syariah merupakan solusi utama untuk pengembangan ekonomi.

Kedua, pelaku dari pengembangan ekonomi syariah sebagai salah satu motor ekonomi syariah adalah siapapun yang berada di masjid dan di pesantren, baik itu pengelola masjid dan pemilik ataupun pengelola dayah.

"Ketiga, masjid dan dayah memiliki potensi aset yang menganggur (idle), memiliki SDM yang bagus dan memiliki potensi pasar. Jika aset tersebut dikelola secara produktif maka mampu menjadi barometer ekonomi Syariah di Indonesia," ujarnya.

Menurut dia, Masjid Baiturrahman merupakan objek wisata religi yang sangat dikenal di Banda Aceh, sehingga perlu untuk didorong kemanfaatannya dengan menyediakan galeri untuk menjadi tempat jual beli produk-produk souvenir Aceh kepada para wisatawan dan hasilnya akan menjadi pendapatan bagi masjid.

"Sedangkan Masjid Rahmatullah Lampuuk didukung dengan membuka usaha kuliner rumah makan di lahan wakaf pinggir pantai sehingga diharapkan kedepan dapat menambah pendapatan dan memberikan kontribusi dalam pengembangan masjid sebegai tempat dakwah," tambahnya.

Rubrik:Ekonomi
Iklan idul fitri gub
Iklan bub gayo lues