Fraksi PKB-PDA DPRA Setujui Raqan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA 2020

Fraksi PKB-PDA DPRA Setujui Raqan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA 2020
Rapat Paripurna Masa Persidangan DPRA Tahun 2021, Banda Aceh, 20 Agustus 2021.

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Daerah Aceh (PDA) DPRA menyetujui Rancangan Qanun Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) Tahun 2020. Namun, fraksi tersebut juga menyatakan tidak sepakat dengan beberapa hal terkait Raqan tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Fraksi PKB DPRA, Tgk Syarifuddin MA sebagai pendapat akhir dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan DPRA Tahun 2021, Banda Aceh, 20 Agustus 2021. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin dan dihadiri oleh Gubernur Aceh, unsur Forkopimda Aceh, Sekretaris Daerah, para Asisten, Kepala SKPA, dan Kepala Biro unit kerja Pemerintah Aceh.

Dalam paparannya, Tgk Syarifuddin menyatakan Fraksi PKB-PDA DPRA menyetujui Raqan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA Tahun 2020. Namun, ia juga menilai Pemerintah Aceh telah melanggar sejumlah regulasi. Salah satunya terkait pelanggaran regulasi refocusing dan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

Tgk Syarifuddin menjelaskan, Pasal 8 ayat (3) UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintah menyatakan bahwa pejabat administrasi pemerintah dilarang menyalahgunakan kewenangan dalam menetapkan atau melakukan keputusan.

“Permasalahan yang dihadapi Pemerintah Aceh saat ini, pejabat administrasi yang bertanggungjawab adalah Gubernur Aceh. Fraksi PKB-PDA DPRA sangat menyayangkan perbedaan besaran realisasi belanja APBA dari yang telah direncanakan,” ujarnya.

Namun demikian, Fraksi PKB-PDA DPRA sepakat untuk menyetujui Raqan tersebut setelah menyampaikan beberapa pertimbangan di atas.

“Dengan ini kami Fraksi PKB-PDA, mempertimbangkan untuk menyetujui Rancangan Qanun Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh Tahun 2020.”

Sebelumnya, Badan Anggaran (Banggar) DPRA melaksanakan rapat Pembahasan Raqan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA Tahun 2020 secara maraton sejak akhir Juni 2021.

Rapat ini dilaksanakan bersama Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) yang juga didampingi seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA), sebagaimana keputusan Rapat Banggar DPRA pada tanggal 23 Juni 2021 lalu. 

Rubrik:DPRA