Breaking News

Formas Lhokseumawe Sayangkan Bus Sekolah Terparkir, Begini Penjelasan Sekda

Formas Lhokseumawe Sayangkan Bus Sekolah Terparkir, Begini Penjelasan Sekda

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Sudah tiga hari 16 bus anak sekolah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil untuk melayani antar jemput anak sekolah terparkir. Padahal, bus tersebut menjadi satu-satunya akses siswa menuju sekolah.

Informasi yang diperoleh terparkirnya bus tersebut karena tak kunjung cairnya anggaran operasional pada tahun Anggaran 2021. Sehingga, anak sekolah terpaksa menggunakan kenderaan pribadi untuk menempuh pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Forum Mahasiswa Aceh Singkil (Formas) Lhokseumawe, Haryadi kepada ACEHPORTAL.com, Rabu (17/3/2021).

"Bahkan mobil Bus tersebut mulai tanggal 15 Maret kemaren tidak beroperasi," ungkapnya.

Saat disinggung informasi yang dia peroleh terkait hal itu, Haryadi menyampaikan, informasi tadi dimuat salah satu media tentang penyampaian Kepala Dinas Perhubungan Aceh Singkil, Malim Dewa.

"Menurut keterangannya biaya operasional belum cair, mereka katanya terutang 100 juta, sekarang lagi mengurus dana tapi kemana pun nggak bisa di pinjam katanya," ungkap Haryadi.

Haryadi juga menyampaikan, bagaimana visi dan misi cerdas bisa terwujud sedangkan Pemkab Aceh Singkil sendiri telah gagal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk mencerdaskan anak bangsa.

"Untuk fasilitas anak sekolah saja sekarang sudah diberhentikan padahal kita ketahui bus sekolah tersebut merupakan salah satu transportasi anak sekolah untuk berangkat menuntut ilmu ke sekolahnya," ujarnya.

Hayadi juga berharap, supaya pemerintah cepat tanggap, karena nasib anak sekolah tergantung-gantung.

"Tidak mungkin semua anak sekolah di Singkil memiliki kenderaan pribadi, sayang kali ini," imbuhnya.

*Penjelasan Sekda Aceh Singkil

Saat dikonfirmasi Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Singkil, Azmi menyampaikan bahwa mereka tidak pernah melapor padanya. Bahkan, sebagian sudah keluar Uang Persediaan (UP).

"Semuannya SKPK Aceh Singkil ini dengan persyaratan-persyaratan yang sudah dilengkapi," ungkapnya.

Azmi juga menyampaikan, bahkan tidak ada sebagian-sebagian kalau ada SKPK yang belum keluar UP-nya mungkin ada terkendala di persyaratannya.

"Mungkin, iya sendiri. Karena dia yang tau apa masalahnya, kalau tanya sama saya, mana saya tau itu," tambahnya.

Namun ketika disinggung tahun-tahun sebelumnya di bulan lalu sudah cair, Azmi menyampaikan, orang lain sudah cair.

"Bukan sebagian aja keluar, mungkin ada terlambat, mungkin itu tadi ada di persyaratannya belum yang tau itu mereka sendiri, kalau keuangan kita saya pikir monggo (ok aja) saja kalau sudah siap persyaratan," terangnya.

Sementara itu, Azmi juga menyampaikan, mungkin di dinas-dinas ada yang belum menyiapkan data-data. "Mungkin ya, saya pikir semua sudah dibayar ya," tandasnya.

jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI