Breaking News

Etnis Rohingya Terdampar di Pulau Idaman Aceh Timur

Etnis Rohingya Terdampar di Pulau Idaman Aceh Timur
Puluhan etnis Rohingya terdampar di Pulau Idaman, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur, Jumat (4/6/2021) kemarin. (Ist)

IDI RAYEUK, ACEHPORTAL.com - Puluhan manusia perahu pencari suaka pengungsi etnis Rohingya terdampar di Pulau Idaman, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur, Jumat (4/6/2021) kemarin.

Menurut laporan dari Danramil Simpang Ulim, Kapten Inf M Kaoy, hari ini Sabtu (5/5/2021), sebanyak 81 orang etnis Rohingya terdampar di Pulau Idaman Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur yang hanya berjarak kilometer dari wilayah Lhokseumawe.

Diperkirakan, pendaratan imigran Rohingya ke Pulau Idaman Jumat pagi kemarin sekitar pukul 07.00 WIB yang menggunakan satu unit kapal. Kemudian mereka mendarat ke pulau tersebut menggunakan unit unit perahu karet.

Diketahui, etnis Rohingya yang mendarat berjumlah sebanyak 81 orang terdiri dari dewasa dan anak-anak, diantaranya 22 orang laki-laki dan 59 orang perempuan.

Selanjutnya, forkopimda setempat melakukan penanganan penyekatan terhadap warga pengunjung dan melakukan pemeriksaan kesehatan awal kepada puluhan etnis Rohingya yang dibantu personel TNI-Polri Aceh Timur dengan protokol kesehatan.

"Selain itu, juga menyiapkan kebutuhan logistik sebagai bentuk penanganan awal," sebut Danramil Simpang Ulim, Kapten Inf Kaoy.

Sementara, Camat Simpang Ulim, T Jalaludin menyebutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak UNHCR untuk proses penanganan selanjutnya.

“UNHCR sedang menyusun joint response dengan IOM, JRS dan Geutanyo yang akan mengirimkan dua staf UNHCR nantinya diluncurkan ke lokasi, satu dari Medan dan satu dari Lhokseumawe dengan membawa bantuan kemanusiaan. Staf akan diberangkatkan hari ini atau selambatnya besok sudah tiba di lokasi,” ungkapnya.

"Saat ini, personel TNI dari Koramil Simpang Ulim jajaran Kodim 0104/Aceh Timur dan Polres Aceh Timur sudah disiagakan di lokasi sambil menunggu dari pihak UNHCR akan membawa satu penerjemah Rohingya ke lokasi dan juga mitra UNHCR di Lhokseumawe YKMI," terang Camat Simpang Ulim.