Breaking News

Dukung Industri Pariwisata, Pasar Singkil Lama Akan Dijadikan Pusat Souvenir

Dukung Industri Pariwisata, Pasar Singkil Lama Akan Dijadikan Pusat Souvenir
Dukung Industri Pariwisata, Pasar Singkil Lama Akan Dijadikan Pusat Souvenir. (Ist)

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Pasar Singkil Lama yang berada di kawasan Gampong Pasar Kecamatan Singkil, Aceh Singkil akan dijadikan pusat souvenir dan kuliner. 

Hal itu sebagai upaya mendukung industri pariwisata yang menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil.

Tujuan kegiatan itu, untuk menyusul rencana masuknya investor Murban Energy asal Uni Emirat Arab (UEA) pada sektor pariwisata di Kepulauan Banyak.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Aceh Singkil, Faisal kepada ACEHPORTAL.com mengungkapkan, ruko-ruko yang ada di Pasar Singkil Lama nantinya akan dijadikan tempat penjualan souvenir dan kuliner.

"Insya Allah kegiatan ini akan kita laksanakan, setelah selesai lebaran nanti," kata Faisal, Minggu (25/4/2021) kemarin.

Ia juga berprinsip, sovenir yang dijajakan merupakan produk lokal dari seluruh kecamatan yang ada di Aceh Singkil. 

"Teknisnya nanti para penjual sovenir maupun pedagang kuliner bisa daftar ke pihaknya, kalau masalah sewa tempat, nanti kita bicarakan," ungkap Faisal. 

Dirinya juga mengatakan, jumlah ruko nanti akan diisi totalnya ada empat belas rumah toko di Pasar Singkil Lama. 

"Karena sejak dibangun ruko hanya diisi ketika banjir merendam pasar harian yang berada di jalan menuju Rantau Gedang, namun setelah banjir surut, baru pedagang kembali meninggalkan pasar Singkil Lama," ujarnya.

Persoalan itu juga kuat menjadi alasan Pemkab Aceh Singkil untuk menjadikan Pasar Singkil Lama untuk pusat souvenir dan kuliner. 

"Sementara akan dilaksanakannya, kegiatan ini dekat dari pasar, dimana terdapat sungai yang selama ini menjadi rute pelayaran wisatawan manca negara menuju Rawa Singkil, Lae Terkhep," jelasnya.

Gagasan itu juga disampaikan pada rapat yang dipimpin oleh Wakil Bupati Aceh Singkil, Sazali. 

Dalam rapat disepakati Disperindagkop dan UKM untuk menyiapkan Ruko, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) menyiapkan rambu-rambu petunjuk arah, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan sarana dan prasarana fasiltas umum serta Dinas Lingkungan Hidup agar menyiapkan pembersihan lingkungan seperti kebersihan terhadap parit-parit.

Iklan idul fitri gub
Iklan bub gayo lues