Breaking News

Dua Hari Nelayan Kilangan Singkil Belum Pulang, Begini Harapan Keluarga

Dua Hari Nelayan Kilangan Singkil Belum Pulang, Begini Harapan Keluarga
Dua Hari Nelayan Kilangan Singkil Belum Pulang, Begini Harapan Keluarga. (Zulkarnain/ACEHPORTAL.com)

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Akibat cuaca buruk di Singkil seorang nelayan bernama Dedi Susanto (37) asal Gampong Kilangan, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, sudah dua hari belum pulang untuk mecari nafkah di laut sejak dari pagi Sabtu 3/4/2021.

Pantauan ACEHPORTAL.com Minggu (4/4/2021) pukul 18:10 WIB saat berada dirumah musibah yang memiliki empat anak tersebut, begitu banyak antusias masyarakat setempat sambil berdo'a, sehingga diputuskan untuk masang taratak membuat dapur umum.

Saat dikonfirmasi Keluarga Dedi Susanto, Abang sepupunya, Jasmin menyampaikan, 

"Sampai kemarin malam kejadian informasi lebih kurang jam sembilan belas, setelah itu kita informasikan sama kawan-kawan sama BPBD juga diinformasikan, Alhamdulillah dibantu dan dilaksanakan ada beberapa fasilitas, ada satu speed dua kapal boat, ada robin," ungkap Jasmin

Lanjut, Jasmin, dengan upaya yang telah dilaksanakan sejak malam sampai sore tadi belum ada keberhasilan.

"Jadi, mumpung musyawarah keluarga, kita minta lagi bantuan sama kawan dan kapal-kapal bot nya, yang telah pulang. Untuk mecari lagi malam ini, Alhamdulillah mereka sangat membantu,. Apa pun ceritanya, kita kembali berupaya untuk turun ke lapangan. Sampai nanti semampu kita sambil berdoa, insya Allah kita juga di rumah selalu berdoa di mana pun kawan-kawan berdoa semua," jelas Jasmin.

Lanjut Jasmin, antusias masyarakat sampai sekarang belum ada yang pulang. Mereka selalu memberikan support berbagai macam baik logistik, dan ada yang memberika uang.

"Masih ada yang membantu kita, dan Alhamdulillah Pak kepala BPBD saat ini berada disini," jelasnya.

Saat disinggung dengan pencarian hari ini, Jasmin menyampaikan, menurut informasi dari yang berangkat tidak ada satu pun tanda-tanda yang ditemukan.

"Baru itu berkisar di satu arah. Jadi kita mau buka lagi arah kedua, dan malam sampai siang tadi orang itu melacak ke arah Timur. Insyaallah kita nanti akan masuk arah Barat dan Selatan," terangnya.

Jasmin juga berharap kepada insan Pers bisa menginformasikan keberadaan saudaranya kalau ketemu.

"Harapannya dalam kita berupaya pencarian semoga percariaan yang akan kita lakukan segera ditemukan, dan harapan kita juga dukungan selalu seperti menginformasikan dari daerah-daerah yang lain mungkin bisa menemukan ataupun mengetahui lokasi keberadaan keluarga kita, harapan kami mohon diinformasikan kepada kami, dan atas bantuannya kami ucapkan terima kasih," harap Jasmin.

Terpisah dilokasi yang sama saat dikonfirmasi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Mohd Ichsan menyampaikan, 

"Jadi ini mungkin pencarian hari kedua dari kemarin, tapi memang belum ada membuahkan hasil. Baik kita dari BPDD, TNI, Polri, sudah juga mencoba melakukan pencarian dan dibantu oleh masyarakat yang luar biasa memang antusiasme masyarakat kampung ini, untuk membantu saudaranya yang terkena musibah ini," terang Ichsan.

Lanjut Ichsan, kemudian malam ini juga informasinya dari pihak keluarga ada masyarakat dua boat yang akan turun mencari lagi.

"Mudah-mudahan cuaca relatif lebih baik dari kemarin malam, kita juga sedang merencanakan untuk kegiatan besok pagi, kita akan melakukan lebih banyak lagi untuk tim pencarian, tadi juga saya sudah berkoordinasi dengan orang Airud dengan kasad Intel Polres Aceh Singkil juga dari pihak Posal Singkil, mungkin besok kita juga akan turun mencari ke laut dan juga tetap kita dukung masyarakat yang sudah buat posko alhamdulillah sudah lebih terorganisir," terang Ichsan.

Saat disinggung fasilitas yang dikerahkan, Ichsan menyampaikan, kalau pihaknya di BPBD sendiri Fasilitas speedboat tidak punya.

"Tapi kemarin kita pinjam punya posal dan tadi pagi juga, dan juga kita fasilitasi board-board Masyarakat yang melakukan pencarian, harapan kita semoga ini bisa segera kita temukan, dalam kondisi sehat walafiat.

Imbauan Mohd Icshan, kepada seluruh masyarakat yang lain, dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

"Agar senantiasa juga Memberitahukanlah lokasi kita di mana untuk mencari rezeki yang ada di laut. Kemudian kalau memang cuaca kurang bagus, segera kembali jangan memaksakan diri," harap Ichsan.

Disamping Kepala BPBD saat dikonfirmasi Camat Singkil, Sopyan menyampaikan.

"Harapan kita semoga nelayan ini cepat ditemukan dalam keadaan selamat. Agar bisa kembali berkumpul dengan keluarga. Kita tetap mendukung langkah-langkah pencarian ini, pihak keluarga diharap supaya selalu berdo'a," harap Sopyan

Editor:
Rubrik:Daerah, Peristiwa, Umum