Breaking News

Dit Reskrimsus Polda Aceh Sita Aset Tanah PT KAI di Deli Serdang

Dit Reskrimsus Polda Aceh Sita Aset Tanah PT KAI di Deli Serdang

Banda Aceh, Acehportal.com - Dit Reskrimsus Polda Aceh menyita aset milik PT KAI (Persero) Aceh Timur berupa dua bidang tanah yang berada di Kecamatan Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (28/10/2020).

Penyitaan aset tanah itu dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB kemarin dengan memasang plang pemberitahuan penyitaan oleh penyidik Unit 1 Subdit 3 (Tipikor) Dit Reskrimsus Polda Aceh yang dihadiri langsung Kasubdit, AKBP Faisal S dan Kanit 1 Subdit 3 (Tipikor), AKP Budi Nasuha Waruwu bersama tim.

Dua bidang tanah dengan estimasi harga lebih kurang Rp 2,5 miliar ini merupakan harta kekayaan dari hasil tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan wewenang kegiatan bantuan hukum pensertifikatan aset PT KAI (Persero) di Aceh Timur tahun 2019 lalu dengan tersangka RI yang telah ditahan kemarin.

Dir Reskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Margiyanta yang dikonfirmasi, Kamis (29/10/2020), pun membenarkan hal ini. Direktur juga mengungkapkan, pihaknya tak akan berhenti memberantas tindak pidana korupsi di Tanah Rencong.

"Benar. Korupsi harus kita berantas karena menyengsarakan rakyat dan mengkhianati rakyat yang mana uang negara diturunkan untuk pembangunan yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, kasus dugaan korupsi di PT KAI ini berasal dari penyelidikan yang dilakukan polisi. Dimana, dalam pengurusan aset sejumlah pihak tak bertanggung jawab melakukan penggelembungan harga (mark up) hingga menimbulkan kerugian negara.

"Dari hasil audit kerugian negara yang timbul  sebesar Rp 6,5 miliar, pelaku dijerat Pasal 2 Ayat 2 dan atau Pasal 3 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar," jelasnya.

Rubrik:Hukum
JMSI