Breaking News

Dirlantas Polda Aceh Bikin Aturan Harus Bawa Surat Antigen tanpa Ada Koordinasi dengan Pemda

Dirlantas Polda Aceh Bikin Aturan Harus Bawa Surat Antigen tanpa Ada Koordinasi dengan Pemda
Ilustrasi

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com -Masyarakat Aceh mendadak kesal dengan aturan yang baru saja diumumkan Dirlantas Polda Aceh, pada Minggu 2/5/2021) siang, terkait wajib membawa surat antigen untuk perjalanan antar kabupaten/ kota dalam Provinsi Aceh.

Salah seorang warga dalam cuitannya di media facebook ditulis, "kebijakan wajib swab antar kabupaten di Aceh harus ditinjau ulang. Udah rakyat lapar, cari makan sendiripun terhalang". Tulis akun Advokat Nourman.

Saat dikonfirmasi kembali terkait dasar kebijakan tersebut kepada Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani disebutkannya dasarnya yaitu:

"Satgas Covid 19 di Pusat Sudah membuat aturan supaya lebih waspada utk mengantisipasi ledakan Covid 19 pasca lebaran. Kita  tidak melarang perjalanan antar kabupaten dalam provinsi, namun tetap waspada jangan sampai terjadi penyebaran Virus Covid 19 di daerah yg dituju. Kalau orang pidie ke pijay tidak perlu pakai surat. Contoh : orang banda aceh ke takengon." tulisnya dalam pesan whatsapp. Minggu sore.

Artinya aturan atau kebijakan yang dikeluarkan Dirlantas tidak lebih dahulu dikoordinasikan bersama dengan Pemerintah Daerah maupun forkopimda pengambil kebijakan.

Kebijakan tersebut saat ini membingungkan masyarakat Aceh yang tidak bisa mudik ke luar Provinsi. Namun terhambat dengan aturan Dirlantas yang dinilai sangat memberatkan keuangan masyarakat jika harus ada tes antigen bila melakukan perjalan ke kab/kota dalam provinsi. Sementara Satgas Covid di Aceh juga tidak tahu tentang kebijakan Dirlantas. 

Sementara saat ditanya tentang aturan wajib bawa surat antigen ini sebenarnya gimana dan penjelasan detailnya, Dirlantas tidak menjawab. 

Iklan idul fitri gub